News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pasca Meraih Standar Internasional ISO 9001:2015, Rektor UAA Berkomitmen Tingkatkan Mutu Layanan Secara Sustainable

Pasca Meraih Standar Internasional ISO 9001:2015, Rektor UAA Berkomitmen Tingkatkan Mutu Layanan Secara Sustainable

Pemberian sertifikat Standar Internasional ISO 9001:2015 oleh pihak PT United Registrar of System (URS) Services Indonesia, Sulastri Yekti Utami Rivai kepada Rektor UAA, Prof Dr H Hamam Hadi MS Sc D Sp GK. (Foto: Humas Alma Ata Yogyakarta)

WARTAJOGJA.ID - Baru-baru ini, Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta merayakan pencapaian signifikan dalam upaya meningkatkan mutu layanan pendidikan dengan mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015 untuk dua layanan utama di perguruan tinggi tersebut yaitu Perpustakaan Universitas dan Pusat Layanan Mahasiswa. 

Tepat pada tanggal 27 Februari 2024 lalu, UAA menyelenggarakan acara penerimaan sertifikasi ini sebagai momen yang bersejarah. Pada kesempatan itu, dihadiri oleh pihak internal universitas, stakeholder eksternal dan mitra kerja sama. Sertifikat diserahkan oleh pihak PT United Registrar of System (URS) Services Indonesia, Sulastri Yekti Utami Rivai kepada Rektor UAA, Prof Dr H Hamam Hadi MS Sc D Sp GK. 

Rektor UAA Yogyakarta, Prof Dr H Hamam Hadi MS Sc D Sp GK. (Foto: Hendro S.B/Warta Jogja) 

Dalam diskusi bersama media di Ruang Meeting MAM kampus UAA pada Kamis (29/2/2024), Prof Hamam menuturkan bahwa pentingnya sebuah komitmen UAA dalam memberikan layanan terbaik kepada mahasiswa dan pihak-pihak terkait telah tercermin dalam kesuksesan mereka terutama untuk memenuhi standar internasional ISO 9001:2015. 

"Proses sertifikasi ini bukanlah hasil dari usaha singkat melainkan merupakan hasil dari upaya yang berkelanjutan dalam menerapkan sistem manajemen mutu yang efektif dan efisien di seluruh unit di UAA," jelasnya. 

Sebagai langkah awalnya, kata Prof Hamam, persiapan sertifikasi ISO 9001:2015 dimulai pada bulan Oktober 2023 dengan pelaksanaan training mengenai pemahaman ISO. Training ini diikuti oleh seluruh unit yang terlibat dalam layanan Perpustakaan dan Pusat Layanan Mahasiswa. Materi training mencakup pemahaman mendalam terhadap konten ISO 9001:2015 termasuk persyaratan dokumentasi yang harus dipenuhi oleh setiap unit serta mekanisme pelaksanaan sertifikasi. 

"Setelah melalui proses training, seluruh unit bekerja keras untuk memperbaiki dan memenuhi persyaratan dokumen yang diperlukan," paparnya. 

Kemudian, langkah selanjutnya adalah Audit Internal yang dilaksanakan oleh Kantor Jaminan Mutu (KJM) UAA pada bulan November 2023. Dengan mendapatkan dukungan penuh dari Rektor UAA, pihak tim KJM memastikan bahwa seluruh unit siap menghadapi audit eksternal yang akan dilakukan oleh pihak URS. 

Audit eksternal terbagi menjadi dua tahap, yakni tahap pertama yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 dan sedangkan untuk tahap kedua pada bulan Desember 2023. Proses audit melibatkan dua orang auditor dari URS Indonesia, Agung Nur Mustofa sebagai Lead Auditor. Audit tahap pertama bertujuan untuk memantau kesiapan dokumen yang dibutuhkan untuk implementasi ISO 9001:2015 di Perpustakaan dan Pusat Layanan Mahasiswa. Sementara itu, pada audit tahap kedua lebih fokus pada penilaian implementasi seluruh dokumen dan bukti fisiknya. 

"Melalui serangkaian audit ini, UAA berhasil memperoleh sertifikasi ISO 9001:2015 dari URS Indonesia yang menandakan bahwa universitas kami telah memenuhi standar internasional dalam penyelenggaraan layanan pendidikan," terang Prof Hamam. 

"Penerimaan sertifikasi ini bukanlah akhir dari perjalanan UAA dalam meningkatkan mutu layanan tetapi merupakan awal dari komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada seluruh stakeholder termasuk mahasiswa, orang tua dan masyarakat umum," pihaknya menambahkan. 

Dengan sertifikasi ISO 9001:2015 tersebut, Prof Hamam menegaskan jika UAA posisinya berada sebagai lembaga pendidikan yang berorientasi pada mutu serta terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik sesuai dengan kebutuhan dan harapan stakeholders. Keberhasilan ini juga menjadi motivasi bagi UAA agar terus mengembangkan sistem manajemen mutu yang berkelanjutan guna memastikan bahwa standar pelayanan yang tinggi tetap terjaga dan ditingkatkan di masa yang akan datang. (*) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment