News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bus Trans Jogja Berusia 16 Tahun Februari 2024 Ini, Ini Jalur Yang Lewati Malioboro

Bus Trans Jogja Berusia 16 Tahun Februari 2024 Ini, Ini Jalur Yang Lewati Malioboro

WARTAJOGJA.ID : Pelayanan bus ikon Yogyakarta, Trans Jogja genap berusia 16 tahun pada 18 Februari 2024 ini.

Bus yang beroperasi mulai pukul 05.30-21.30 WIB setiap harinya itu, selama ini menjadi moda andalan masyarakat juga wisatawan untuk berpergian jika sedang tak menggunakan kendaraan pribadi.

Salah satu trayek Trans Jogja yang digemari wisatawan selama ini adalah yang rutenya melintasi Jalan Malioboro. 

Hampir setiap hari, terutama saat akhir pekan tiba, bus Trans Jogja yang melintasi Malioboro selalu tampak padat penumpang. Halte bus Trans Jogja di Malioboro, juga Taman Pintar kerap tampak ramai calon penumpang.

Trans Jogja jadi pilihan karena selain terbilang armadanya nyaman, tarifnya juga terjangkau di kantong pelajar dan mahasiswa. 

Tarif reguler Trans Jogja terbagi tiga jenis. Pembayaran tunai dan QRIS sebesar Rp 3.600, non tunai berlangganan (Gopay, LinkAja, dan lainnya) sebesar Rp 2.700 serta tarif pelajar Rp 60.

Trans Jogja memiliki setidaknya tujuh jalur. Adapun jalur-jalur Trans Jogja yang melewati Malioboro yakni 1A, 2A, dan jalur 8 (Malioboro 1,2, 3)

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Daerah Istimewa Yogyakarta Sumaryoto mengimbau masyarakat maupun wisatawan dapat menggunakan angkutan umum Bus Trans Jogja terutama jika hendak menuju Jalan Malioboro.

Terlebih Malioboro merupakan  bagian kawasan Sumbu Filosofi Yogyakarta yang kini berumenekan emisi karbon dan kemacetan di kawasan Sumbu Filosofi itu.

"Gunakanlah Bus Trans Jogja untuk menuju ke Malioboro. Kami sudah dan akan coba fasilitasi (halte) dari semua akses untuk menuju ke Sumbu Filosofi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub DIY Sumaryoto di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, penggunaan transportasi umum diperlukan untuk menekan emisi karbon dan kemacetan di kawasan Sumbu Filosofi itu.

Untuk mengakses Malioboro tak hanya dengan Trans Jogja. Sejak Oktober 2020 lalu, ada pula moda transportasi Teman Bus yang tarifnya juga terjangkau.

Bedanya, Teman Bus memiliki dua tipe bus, yakni berukuran sedang berkapasitas 40 penumpang dengan 20 tempat duduk dan ukuran besar berkapasitas 60 penumpang dengan 30 tempat duduk. 

Teman Bus menyediakan tiga koridor rute yakni Koridor 1, 2A, dan 1A. Ketiga koridor rute tersebut melingkupi area mulai dari Malioboro, Pakem, hingga Bandara Adisutjipto.

Harga tiket Teman Bus sendiri Rp 3.600 untuk kategori reguler dan harga khusus bagi pelajar, lansia (minimal 60 tahun) serta berkebutuhan khusus yaitu Rp 2.000.

"Tahun 2024 ini Teman Bus yang merupakan Program Buy the Service Kementerian Perhubungan kembali diterapkan di 10 kota, salah satunya di Kota Yogyakarta," kata Direktur Angkutan Jalan, Suharto, Jumat.

Selain Yogyakarta, Teman Bus juga diterapkan di Palembang, Medan, Bali, Surakarta, Makassar, Banyumas, Banjarmasin, Bandung dan Surabaya.
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment