News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Yayasan Griya Jati Rasa dan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa Atasi Stunting Di Samigaluh 

Yayasan Griya Jati Rasa dan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa Atasi Stunting Di Samigaluh 

WARTAJOGJA.ID : Samigaluh diprediksikan sebagai kota satelit di atas pegunungan Menoreh yang menjadi bagian dari episentrum pengembangan Kawasan Strategi Pariwisata Nasional Borobudur (KSPN Borobudur). 

 Bedah Menoreh memungkinkan perjalanan dari Yogyakarta Internasional Airport ke Borobudur akan bisa dilakukan melalui transportasi darat melintasi pengunungan Menoreh di mana Kecamatan Samigaluh berada. 
Menghadapi prospek episentrum KSPN Borobudur, maka sangat penting untuk mempersiapkan warga masyarakatnya. Yayasan Griya Jati Rasa dan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa terus berkomitmen mendampingi warga di Kawasan pegunungan Menoreh untuk pemberdayaan potensi lokal yang bisa dikembangkan oleh warga Masyarakat. 
Pada hari Kamis, 25 Januari 2024, direktur Yayasan Griya Jati Rasa mewakili Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa, ibu Farsijana Adeney-Risakotta telah menyerahkan empat pasang induk ayam betina dan pejantan kepada empat ibu dan empat balita dari masing-masing ibu untuk memelihara sepasang induk ayam tersebut sebagai sumber ketersediaan telur ayam.  
Pemerintah D.I.Yogyakarta memberikan telur setiap hari dua butir kepada ibu dan balita yang bermasalah stunting. Program ini sudah berjalan dari bulan Agustus sampai dengan November 2023. Untuk memastikan keberlanjutan program ketersediaan telur ayam berkualitas kepada ibu dan anak bermasalah stunting maka pemberian sepasang induk ayam betina dan pejantan merupakan program yang sangat penting. 
Keluarga didorong untuk bertanggungjawab dalam menyiapkan sumber vitamin B12, asam folat dan mineral penting untuk tumbuh kembang anak dalam mengatasi stunting. Dusun Gowok, kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu wilayah pelayanan dari Yayasan Griya Jati Rasa dan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa.  
Pada kesempatan yang sama, ibu Farsijana mendiskusikan tentang pengolahan telur ayam yang sehat dan bergizi untuk bisa dikonsumsikan oleh balita maupun ibu hamil. Sementara penyuluhan tentang pemeliharaan induk ayam betina dan pejantan untuk bisa menghasilkan telur organik dari ayam kampung mengandung omega 3 disampaikan oleh Bapak Sumarno yang berpengalaman dalam pengembangan ayam kampung petelur. 
Keterlibatan Yayasan Griya Jati Rasa dan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa dalam penanggulangan stunting telah dimulai sejak diundang menghadiri gebyar koperasi dalam mengatasi stunting yang diselenggarakan oleh Pemda DI.Yogyakarta bekerjasama dengan BKKBN di hotel Ambarukmo Plaza pada tanggal 7 Agustus 2023.  Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa telah mengembangkan usaha pembuatan yogurt dan makanan bergizi yang disasarkan kepada Masyarakat di DI.Yogyakarta. 
Sejak perayaan hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2023, penyerahan yogurt dan bahan-bahan makanan mengandung vitamin B12 untuk ibu dan balita yang bermasalah stunting.  Bantuan tambahan gizi ini kemudian melibatkan pembeli yogurt dari latar belakang masyarakat di sekitar  dusun Karanggayam, desa Catur Tunggal, kecamatan Depok, kabupaten Sleman dimana rumah Adiluhung, Yogurt dan Resto yang dikelola oleh Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa.  Bagi setiap pembeli yogurt  sebanyak 9  kali  mendapat kesempatan untuk memberikan 500 mililiter yogurt gratis kepada ibu dan balita bermasalah stunting di dusun Gowok, desa Kebonharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Dengan pelibatan pembeli yogurt, saat ini distribusi yogurt gratis kepada empat balita di dusun Gowok bisa terpenuhi setiap minggu. 
Diharapkan melalui bantuan pemberian yogurt, sepasang induk ayam betina dan pejantan kepada balita-balita di pegunungan Menoreh,diharapkan mereka akan bertumbuh menjadi generasi emas Indonesia yang sekaligus adalah orang-orang muda yang akan membangun kota satelit Samigaluh di masa depan (Farsijana Adeney-Risakotta). 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment