News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tanpa Antre, Putri Rasakan Kemudahan Pendaftaran Layanan JKN Melalui Aplikasi Mobile JKN

Tanpa Antre, Putri Rasakan Kemudahan Pendaftaran Layanan JKN Melalui Aplikasi Mobile JKN

                         Putri Dwi Pradani

WARTAJOGJA.ID : Di era digitalisasi yang semakin meningkat, layanan kesehatan di Indonesia mengalami perubahan revolusioner melalui pemanfaatan teknologi. 

Tonggak penting dalam hal ini adalah kemudahan pendaftaran layanan kesehatan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) secara online melalui Aplikasi Mobile JKN.  Peserta JKN sangat merasakan manfaat dari Aplikasi Mobile JKN. 

Selain kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, BPJS Kesehatan terus berupaya dengan berbagai inovasi agar memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta JKN. 

Salah satu upaya terbesar dari Program JKN adalah menyederhanakan proses pendaftaran layanan kesehatan melalui aplikasi seluler.  

Salah satu peserta JKN yang telah merasakan manfaat dari Aplikasi Mobile JKN dengan fitur Pendaftaran Pelayanan (Antrean), Putri Dwi Pradani, 21, seorang mahasiswa yang tinggal di Sleman, Yogyakarta. 

Sebagai pengguna yang telah memanfaatkan salah satu fitur dari Aplikasi Mobile JKN mengatakan, betapa positifnya pendaftaran sederhana ini telah mempengaruhi kehidupan mereka sehari-hari.  


“Sebelum adanya antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN, pendaftaran layanan kesehatan seringkali memakan waktu dan rumit. Harus mengisi formulir secara manual, lalu sampai dipanggil bisa memakan waktu berjam-jam, apalagi jika antreannya panjang,” kata Putri, Rabu (24/01).  

Namun berkat kemudahan             pendaftaran melalui Aplikasi             Mobile JKN, iakini bisa mengakses layanan kesehatan tanpa harus keluar rumah. 

Cukup mengunduh Aplikasi Mobile JKN dari manapun lalu mengiisi data secara lengkap dan ikuti langkahlangkahnya hingga selesai. Aplikasi Mobile JKN sangat nyaman dan menghemat waktu.   

“Saya sangat mengapresiasi semua inovasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan, semuanya  mempermudah pelayanan kepada peserta JKN dalam memperoleh jaminan kesehatan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). 

"Saya merasa terbantu dengan adanya fitur antrean online ini karena waktu menjadi efisiensi dan tidak terbuang-buang. Sekarang periksa ke FKTP bisa memperkirakan jam berapa harus sampai di FKTP. Layanan JKN makin mudah, cepat dan setara,” ucap Putri. 

Aplikasi Mobile JKN juga mempunyai fitur konsultasi dokter, jadi jika ingin berkonsultasi kepada dokter, tidak harus ke FKTP. Cukup menggunakan fitur konsultasi dokter ini, sampaikan keluhan yang dirasakan, maka dokter akan menjawabnya.  
“Beberapa kali saya selalu konsultasi kondisi ibu saya melalui Aplikasi Mobile JKN ini. 

Cukup menulis keluhannya secara detail, tidak butuh waktu lama dokter di FKTP terdaftar kita langsung membalas nya. Jika sekiranya ibu harus ditangani lebih lanjut, maka dokter akan menyarankan ke FKTP. Ibu saya merasakan sendiri semakin terlihat jelas perkembangan pada Aplikasi Mobile JKN, banyak fitur yang terus ditingkatkan pada aplikasi tersebut,” ungkap Putri. 
 
Aplikasi Mobile JKN juga mempermudah peserta JKN, tidak perlu bingung jika kartu JKN ketinggalan karena sekarang di Aplikasi Mobile JKN sudah ada KIS digital dan bisa juga menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP).  
 
“Dulu saya jarang memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Aplikasi Mobile JKN, alhamdulillah saat ini Aplikasi Mobile JKN semakin terlihat jelas perkembangannya, banyak fitur yang terus ditingkatkan pada aplikasi tersebut. Tidak hanya dapat mendaftar pelayanan kesehatan secara online saja, tetapi juga dapat melakukan perubahan fasilitas kesehatan, penambahan peserta, perubahan data peserta, info riwayat pelayanan, info pesertam pengaduan layanan JKN  dan masih banyak lagi, jadi dapat mempersingkat waktu tidak harus datang langsung ke 
Kantor BPJS Kesehatan,” jelasnya.  
 
Putri pun berharap agar BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta JKN. Besar harapannya agar peserta JKN dapat mengoptimalkan penggunaan Aplikasi Mobile JKN karena banyak manfaat yang didapatkan. Keberhasilan implementasi ini menunjukkan komitmen BPJS Kesehatan dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan memperluas akses masyarakat terhadap jaminan kesehatan nasional.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment