News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Puro Pakualam Yogya Gelar Dhaup Ageng, Presiden Jokowi hingga Capres-Cawapres Turut Diundang

Puro Pakualam Yogya Gelar Dhaup Ageng, Presiden Jokowi hingga Capres-Cawapres Turut Diundang

WARTAJOGJA.ID : Kadipaten Puro Pakualaman Yogyakarta bersiap menggelar prosesi Dhaup Ageng yang rangkaian acara utamanya dihelat 7 hingga 11 Januari 2024.

Dhaup Ageng merupakan prosesi pernikahan ala kerajaan atau biasa dikenal royal wedding. 

Di mana dalam prosesi kali ini untuk menikahkan putra bungsu Raja Puro Pakualaman, Kanjeng Gusti Pangeran Ario Adipati (KGPAA) Paku Alam X yakni Bendara Pangeran Harya (BPH)
Kusumo Kuntonugroho dengan calon istrinya bernama Laily Annisa Kusumastuti.

Sejumlah tokoh nasional turut diundang dalam prosesi ala kerajaan yang dipusatkan di Puro Pakualaman itu. Mulai dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, hingga tiga pasang calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) yang sedang berkontestasi dalam Pemilu 2024.

"Selain RI 1 dan RI 2 yang kami undang, kami juga mengundang  semua capres dan cawapres," kata permaisuri Paku Alam X yang juga ibunda mempelai laki laki, Gusti Kanjeng Bendoro Raden Ayu Adipati (GKBRAyA) Paku Alam X Rabu 3 Januari 2024.

Meski demikian, ujar GKBRAyA Paku Alam, pihaknya belum bisa memastikan, apakah para tokoh nasional itu akan datang.

"Hadir atau tidak (tokoh nasional) itu kami belum tahu," kata dia.

Selain sejumlah tokoh nasional itu, undangan Dhaup Ageng itu juga disebar untuk perwakilan 58 kerajaan yang ada di Indonesia. Undangan juga turut diberikan kepada anggota Kerajaan Malaysia.

"Untuk keluarga kerajaan (di luar negeri) kami hanya mengundang dari Malaysia, namun dari Malaysia juga masih belum bisa memastikan (siapa yang hadir) karena pada waktu bersamaan Kerajaan Brunei juga mantu," kata dia.

Meski acara inti Dhaup Ageng ini berlangsung 7-11 Januari 2024, namun sejak Rabu 3 Januari 2024 telah digelar beberapa prosesi persiapan.

Adapun prosesi ijab qobul mempelai sendiri baru akan digelar pada Rabu, 10 Januari 2023 di Kagungan Dalem Masjid Agung Pakualaman Yogyakarta.

Usai ijab qobul, akan ada dua acara resepsi. Hari pertama (10 Januari) untuk sekitar 1.500 tamu undangan dan hari kedua (11 Januari) mengundang sekitar 4.000 tamu undangan.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment