News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Awali 2024, Kampus UAD Yogyakarta Kukuhkan 3 Guru Besar

Awali 2024, Kampus UAD Yogyakarta Kukuhkan 3 Guru Besar

WARTAJOGJA.ID : Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menggelar Sidang Terbuka Senat dalam rangka Pengukuhan Guru Besar pada Selasa, 30 Januari 2024 di Ruang Amphitarium Gedung Utama Kampus IV UAD. 

Dalam acara tersebut tiga dosen dikukuhkan sebagai guru besar yaitu 
Prof. Dr. dr. Akrom, M.Kes. selaku Guru Besar Bidang Ilmu Farmasi Klinik, Prof. Dr. Ir. Zahrul Mufrodi, ST., MT., IPM selaku Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Kimia, dan Prof. Dr. Ir. Erna Astuti, ST., MT., IPM  selaku Guru Besar Bidang Ilmu Energi Sub. Bidang Ilmu Pengembangan Bioenergi dari Biomassa

Dalam pidato pengukuhannya, Prof. Dr. dr. Akrom, M.Kes. memaparkan hasil penelitiannya yang berjudul “Penelitian dan Pengembangan Habatussauda (Nigella Sativa) sebagai Sediaan Farmasetik”. 

Sementara Prof. Dr. Ir. Zahrul Mufrodi, ST., MT., IPM memaparkan penelitiannya dengan judul “Rekayasa Proses: Suatu Upaya untuk Mengoptimalkan Hasil dengan Kualitas yang Lebih Baik,” dan Prof. Dr. Ir. Erna Astuti, ST., MT., IPM memaparkan hasil penelitiannya yang berjudul “Pengembangan Biomassa Menjadi Bioenergi Sebagai Salah Satu Alternatif Energi Terbarukan.”

Sidang dibuka secara resmi oleh Ketua Senat UAD Prof. Dr. Ir. Dwi Sulisworo, M.T. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Turut hadir pada Pengukuhan kali ini, Kepala KKDIKTI Wilayah V Aris Junaidi, dan Sutrisno dari Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 

Rektor UAD Prof. Dr. Muchlas, M.T. dalam sambutannya mengatakan “Selamat atas 3 dosen UAD yang dikukuhkan sebagai guru besar. Total saat ini Guru Besar di UAD berjumlah 39 orang, dan sedang menunggu lima calon Guru Besar. Pada tahun 24 UAD telah mempunyai kandidat Guru Besar sebanyak 50 orang untuk didampingi," kata Rektor.

Muchlas berharap, dengan pencapaian Guru Besar saat ini dapat membawa UAD menuju prestasi 4 tahun mendatang sebagaimana harapan BPH UAD, yaitu mempunyai 20% Guru Besar dari total 739 dosen UAD. 

“Mudah-mudahan Guru Besar yang sudah dilantik bisa ditindaklanjuti sebagai salah satu modal untuk meningkatkan kiprah, menjaga marwah Muhammadiyah dan UAD, serta bisa melahirkan karya-karya yang spektakuler,” imbuhnya.

Ketua Senat UAD Prof. Dr. Ir. Dwi Sulisworo, M.T. dalam sambutannya selain menyampaikan testimoni kepada Guru Besar yang dikukuhkan, ia juga mengucapkan selamat atas pengukuhan Guru Besar dan berterima kasih kepada para hadirin yang telah memberikan doa terbaik kepada tiga Guru Besar. (Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment