News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta Pastikan Layanan JKN Mudah, Cepat dan Setara

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta Pastikan Layanan JKN Mudah, Cepat dan Setara


WARTAJOGJA.ID – Untuk memastikan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tetap berkualitas, BPJS Kesehatan mengunjungi RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Kamis (06/04). Seluruh titik layanan ditinjau, mulai dari pendaftaran, perekaman sidik jari, Pojok Mobile JKN, display ketersediaan tempat tidur, hingga pelayanan di poliklinik. Tak hanya itu, implementasi antrean online tak luput menjadi fokus perhatian agar berjalan dengan baik.
"RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta merupakan rumah sakit tertinggi di DIY, bagian selatan Jawa Tengah dan bagian timur Jawa Timur. Kami ingin melihat secara langsung dan memastikan jika pelayanan JKN di rumah sakit ini benar-benar berkualitas dan peserta merasa nyaman mendapatkan pelayanan kesehatan," kata Deputi Direksi Bidang Manajemen Mutu dan Kerja Sama Fasilitas Kesehatan, Siti Farida Hanoum.
Dia menjelaskan, BPJS Kesehatan terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas layanan kepada peserta JKN melalui tranformasi dan digitalisasi layanan. Beragam inovasi dikembangkan untuk memberikan kemudahan akses dan kenyamanan pelayanan agar manfaat dari program ini semakin dirasakan oleh masyarakat. Tentunya, hal ini membutuhkan dukungan dari seluruh pihak yang ada di ekosistem JKN. Salah satunya fasilitas kesehatan yang merupakan mitra strategis kaena memberikan pelayanan langsung kepada peserta JKN.
"Oleh karena itu, kami terus memperkuat hubungan kemitraan dan meningkatkan kolaborasi dengan fasilitas kesehatan. Kami memberikan apresiasi kepada RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta yang selalu siap dengan berbagai tantangan dalam melaksanakan transformasi digital layanan kesehatan. Semoga ke depannya tetap konsisten memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan setara kepada peserta JKN. BPJS Kesehatan akan terus bersinergi dengan rumah sakit untuk melakukan evaluasi jika dikemudian hari ditemukan kendala dalam hal perbaikan-perbaikan untuk mendukung transformasi digital layanan kesehatan,” tutur Hanoum.
Dalam kunjungan tersebut, Hanoum berkesempatan berdialog dengan peserta JKN yang sedang berobat di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Dia mendengar langsung testimoni peserta mengenai pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit tersebut. Keseluruhan peserta yang ditemui mengaku puas dan nyaman serta menilai pelayanan di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta cukup berkualitas dan memenuhi harapan pasien.
"Alhamdulillah di RSUP Dr. Sardjito sudah memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan setara kepada seluruh peserta JKN yang periksa tanpa membedakan dengan peserta non JKN,” tambah Hanoum.
Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Sri Mulatsih berharap kunjungan ini adalah sebuah kolaborasi dan sinergi yang baik, serta menjadi project yang terukur dan jelas. Menurutnya, konsep pelayanan pasien saat ini ada tiga yaitu service quality, safety untuk pasien, dan rasionalisasi dalam suatu pelayanan. Pihaknya selalu berinovasi untuk kepuasan, mutu dan keselamatan pasien.
“Kami menyambut baik pengembangan sistem informasi dalam rangka untuk meningkatkan kepuasan pasien di dalam pelayanan. Pengembangan sistem informasi di rumah sakit ini sebagai support system, tetapi jika dilakukan secara optimal tentunya akan meningkatkan kualitas efisiensi terutama Sumber Daya Manusia (SDM) kemudian entitas pelayanan dengan berbagai indikator termasuk respon time dan juga sisi kemudahan-kemudahan yang lainnya,” tambah Sri Mulatsih.
Dia menilai, pengembangan sistem informasi sangat bermanfaat untuk efisiensi dan kepuasan pasien sebagai sarana pendukung peningkatan mutu dan kualitas pelayanan. Peserta JKN hampir semuanya mendaftar melalui antrean online. Dengan adanya Aplikasi Mobile JKN sangat memberikan kemudahan dan juga membantu peserta dalam mendapatkan kepastian pelayanan tanpa harus mengantre lama dari pagi.
“Kami berkomitmen untuk tidak membedakan standar pelayanan kesehatan ataupun memberikan perlakuan diskriminatif antara peserta JKN dengan peserta non JKN. Semuanya setara, karena kami siap bersinergi melakukan transformasi mutu layanan. Pelayanan kepada peserta JKN semakin mudah, cepat dan setara,” tutup Sri Mulatsih.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment