News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Berlakukan Car Free Night saat Malam Tahun Baru, Pengunjung Malioboro Dibatasi 300 Ribu Orang

Berlakukan Car Free Night saat Malam Tahun Baru, Pengunjung Malioboro Dibatasi 300 Ribu Orang


WARTAJOGJA.ID : Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Dirlantas Polda DIY) akan memberlakukan malam bebas kendaraan bermotor atau car free night saat malam pergantian tahun di kawasan jalan Malioboro pada 31 Desember 2023.

Berbeda dengan car free night rutin yang setiap hari biasa berlaku mulai pukul 19.00-22.00 WIB, pada malam pergantian tahun baru car free night Malioboro akan berlaku pukul 18.00 WIB hingga 01.00.WIB.

Car free night ini selain untuk menekan polusi udara di jalan itu juga memberi kesempatan masyarakat lebih lega, nyaman dan leluasa untuk menikmati detik detik malam pergantian tahun.

Direktur Dirlantas Polda DIY Komisaris Besar Polisi Alfian Nurrizal mengatakan untuk mendukung langkah car free night saat malam pergantian tahun di Malioboro itu, Polda DIY dan Pemda DIY juga menyiapkan antisipasi membludaknya pengunjung. Dengan membatasi jumlah pengunjung maksimal 300 ribu orang.

"Kalau pengunjung yang datang sudah sekitar 300 ribu-an orang, artinya kapasitas jalan di Malioboro itu  sudah terpenuhi," kata Alfian Jumat 29 Desember 2023.

Agar tidak terjadi kepadatan lebih ekstrem, pengunjung yang akan masuk Malioboro dialihkan ke wilayah lainnya. Agar semua tidak terpusat di Malioboro dan potensi desak-desakan atau crowded tak terjadi.

"Tentunya harus ada pengalihan (saat pengunjung Malioboro penuh), kita alihkan arus ke wilayah Kabupaten Sleman, Bantul atau titik lainnya yang mungkin juga menggelar konser, live musik, kembang api," kata dia.

Car free night di Malioboro diberlakukan menimbang kawasan itu masih jadi magnet wisatawan menghabiskan libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini di Yogyakarta.

Catatan Polda DIY, pada libur Natal kemarin, mulai 22-27 Desember 2023, ada sekitar 1,2 juta wisatawan berkunjung ke kawasan Malioboro.

"Malioboro diperkirakan masih akan menjadi salah satu titik pusat untuk menghabiskan malam Tahun Baru nanti," kata dia.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment