Aldi Dumi Sebut Layanan JKN Sudah Cukup Baik dan Profesional
WARTAJOGJA.ID - Aldi Dumi Prastio, salah
seorang peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang telah
memanfaatkan kartu JKN untuk berobat, menyebut bahwa pelayanan yang dilakukan
oleh fasilitas kesehatan dan pihak BPJS Kesehatan selaku pengelola Program JKN
dinilai sudah cukup baik serta profesional. Menurut Aldi, sejauh ini selama
mendapatkan layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prambanan,
dirinya merasa terbantukan dengan fasilitas pelayanan yang diberikan oleh
Program JKN terutama dalam perawatan sakit yang dideritanya.
Ditemui di RSUD Prambanan, Jumat (15/12/2023) usai menjalani pemeriksaan, warga asal Ngijo Weran tersebut
menceritakan pengalamannya menggunakan jaminan JKN yang sudah sangat dirasakan
manfaatnya untuk dirinya sendiri maupun seluruh keluarganya.
“Saat ini saya sedang menjalani
pengobatan rutin di RSUD Prambanan, saya sedang berobat penyakit kulit. Selama
ini saya selalu mendapatkan kemudahan untuk mengaksees layanan kesehatan
menggunakan kartu JKN. Cukup memperllihatkan kartu JKN, seluruh tindakan
pengobatan dijamin penuh oleh BPJS Kesehatan tanpa ada biaya yang keluarkan
sama sekali,” ungkat Aldi.
Aldi telah terdaftar sebagai peserta JKN
sejak dirinya masih duduk di bangku sekolah, Aldi terdaftar sebagai anak dari
peserta mandiri atau Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU). Sejak Program JKN ini
ada, orangtuanya telah mendaftarkan sekeluarga sebagai peserta JKN.
Selama ini pelayanan kesehatan yang
diberikan dan dijamin oleh Program JKN ini sudah cukup baik dan profesional.
Tidak adanya perbedaan layanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan baik di
tingkat pertama maupun di tingkat lanjutan.
Dengan perawatan yang dijalaninya hingga
kini, Aldi tetap optimis selama adanya Program JKN dikarenakan sanggup
mengurangi beban pengeluaran untuk berobat jika sakit.
“Bisa dibayangkan bila saya dan keluarga
tidak terdaftar sebagai peserta JKN mungkin sudah habis berapa banyak biaya
yang telah kami keluarkan. Bahkan selama ini tidak pernah ada kendala sama
sekali, kami selalu dilayani dengan baik selama mengikuti prosedur yang telah
ditentukan oleh Program JKN ini,” tambah Aldi.
Aldi
mengakui dengan terdaftarnya dirinya sekeluarga menjadi peserta JKN,
keluarganya sangat terbantu secara finansial karena mereka sangat sadar
mahalnya biaya kesehatan saat ini yang membuat setiap orang selalu berpikir
bila ingin berobat namun tidak memiliki jaminan kesehatan.
“Benar-benar
terbantu lah dari
segi finansial, apalagi jika harus dilakukan tindakan operasi yang pasti memerlukan
biaya yang sangat besar. Semisal tidak ada ada Program JKN ini bisa dibayangkan
berapa biaya yang saya keluarkan di rumah sakit apalagi penyakit yang saya
derita ini wajib rutin perawatan, karena itu kartu JKN sudah seperti nyawa saya
sendiri," tegasnya.
Aldi mengakui selama ia gunakan kartu JKN, tidak terpikirkan berapa besarnya biaya yang harus ia keluarkan. Oleh karenanya, ia dan sekeluarga sadar betul bahwa jaminan kesehatan sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang. Bahkan, ia sangat rutin dalam melakukan pembayaran iuran bulanan untuk BPJS Kesehatan sehingga hal itu menjadikan bukti kuat bahwa Aldi sangat bahagia dengan keberadaan ini.
Kepada Warta Jogja Aldi menyarankan yang
utama untuk dirinya adalah wajib membayar rutin bulanan agar kartu JKNnya
selalu aktif. Tak lupa ia pun mengingatkan juga kepada seluruh peserta JKN agar
jangan sampai terlambat membayar iuran maksimal tanggal 10 setiap bulan, karena
jika sampai telat justru akan merugikan diri sendiri ke depannya. Karena kartu
akan menjadi non aktif. Aldi juga berharap agar Program JKN selalu ada dan
layanan nya sudah bagus dan terus ditingkatkan.
"Pokoknya
yang penting harus terus ditingkatkan jangan sampai berkurang," harap Aldi.
(*)
Post a Comment