News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Aldi Dumi Sebut Layanan JKN Sudah Cukup Baik dan Profesional

Aldi Dumi Sebut Layanan JKN Sudah Cukup Baik dan Profesional


WARTAJOGJA.ID - Aldi Dumi Prastio, salah seorang peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang telah memanfaatkan kartu JKN untuk berobat, menyebut bahwa pelayanan yang dilakukan oleh fasilitas kesehatan dan pihak BPJS Kesehatan selaku pengelola Program JKN dinilai sudah cukup baik serta profesional. Menurut Aldi, sejauh ini selama mendapatkan layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prambanan, dirinya merasa terbantukan dengan fasilitas pelayanan yang diberikan oleh Program JKN terutama dalam perawatan sakit yang dideritanya.

Ditemui di RSUD Prambanan, Jumat (15/12/2023) usai menjalani pemeriksaan, warga asal Ngijo Weran tersebut menceritakan pengalamannya menggunakan jaminan JKN yang sudah sangat dirasakan manfaatnya untuk dirinya sendiri maupun seluruh keluarganya. 

“Saat ini saya sedang menjalani pengobatan rutin di RSUD Prambanan, saya sedang berobat penyakit kulit. Selama ini saya selalu mendapatkan kemudahan untuk mengaksees layanan kesehatan menggunakan kartu JKN. Cukup memperllihatkan kartu JKN, seluruh tindakan pengobatan dijamin penuh oleh BPJS Kesehatan tanpa ada biaya yang keluarkan sama sekali,” ungkat Aldi.

Aldi telah terdaftar sebagai peserta JKN sejak dirinya masih duduk di bangku sekolah, Aldi terdaftar sebagai anak dari peserta mandiri atau Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU). Sejak Program JKN ini ada, orangtuanya telah mendaftarkan sekeluarga sebagai peserta JKN.

Selama ini pelayanan kesehatan yang diberikan dan dijamin oleh Program JKN ini sudah cukup baik dan profesional. Tidak adanya perbedaan layanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan baik di tingkat pertama maupun di tingkat lanjutan.

Dengan perawatan yang dijalaninya hingga kini, Aldi tetap optimis selama adanya Program JKN dikarenakan sanggup mengurangi beban pengeluaran untuk berobat jika sakit.

“Bisa dibayangkan bila saya dan keluarga tidak terdaftar sebagai peserta JKN mungkin sudah habis berapa banyak biaya yang telah kami keluarkan. Bahkan selama ini tidak pernah ada kendala sama sekali, kami selalu dilayani dengan baik selama mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh Program JKN ini,” tambah Aldi.

Aldi mengakui dengan terdaftarnya dirinya sekeluarga menjadi peserta JKN, keluarganya sangat terbantu secara finansial karena mereka sangat sadar mahalnya biaya kesehatan saat ini yang membuat setiap orang selalu berpikir bila ingin berobat namun tidak memiliki jaminan kesehatan.

“Benar-benar terbantu lah dari segi finansial, apalagi jika harus dilakukan tindakan operasi yang pasti memerlukan biaya yang sangat besar. Semisal tidak ada ada Program JKN ini bisa dibayangkan berapa biaya yang saya keluarkan di rumah sakit apalagi penyakit yang saya derita ini wajib rutin perawatan, karena itu kartu JKN sudah seperti nyawa saya sendiri," tegasnya.

Aldi mengakui selama ia gunakan kartu JKN, tidak terpikirkan berapa besarnya biaya yang harus ia keluarkan. Oleh karenanya, ia dan sekeluarga sadar betul bahwa jaminan kesehatan sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang. Bahkan, ia sangat rutin dalam melakukan pembayaran iuran bulanan untuk BPJS Kesehatan sehingga hal itu menjadikan bukti kuat bahwa Aldi sangat bahagia dengan keberadaan ini.

Kepada Warta Jogja Aldi menyarankan yang utama untuk dirinya adalah wajib membayar rutin bulanan agar kartu JKNnya selalu aktif. Tak lupa ia pun mengingatkan juga kepada seluruh peserta JKN agar jangan sampai terlambat membayar iuran maksimal tanggal 10 setiap bulan, karena jika sampai telat justru akan merugikan diri sendiri ke depannya. Karena kartu akan menjadi non aktif. Aldi juga berharap agar Program JKN selalu ada dan layanan nya sudah bagus dan terus ditingkatkan.

"Pokoknya yang penting harus terus ditingkatkan jangan sampai berkurang," harap Aldi. (*) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment