News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Green Guardian Ajak Masyarakat Olah Sampah Rumah Tangga Melalui Kegiatan 'Mendadak Masak'

Green Guardian Ajak Masyarakat Olah Sampah Rumah Tangga Melalui Kegiatan 'Mendadak Masak'

Tim Green Guardian di sela kegiatan mendadak masak.

WARTAJOGJA.ID- Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Tim Green Guardian mengadakan kegiatan bertajuk 'Mendadak Masak' di Desa Deyangan, Mertoyudan Magelang Jawa Tengah, Minggu (26/11/2023). Melalui kegiatan ini Green Guardian mengajak warga untuk mengolah lagi sampah rumah tangganya, sehingga mengurangi volume sampah di tempat pembuangan akhir.

Semeion Bintang Ridho A, salah satu anggota tim Green Guardian menuturkan, sosialisasi dan edukasi terkait manajemen sampah sengaja di kemas asyik yaitu mendadak masak, supaya lebih menyenangkan dan mudah diterima oleh warga. Melalui kegiatan ini, warga jadi tahu bahwa bahan makanan sisa yang tersimpan di kulkas masih bisa dioptimalkan lagi dengan cara dimasak. "Warga praktik masak langsung, sehingga diharapkan memberikan dampak yang lebih positif, dan muncul kreativitas," katanya.

Anggota tim lainnya Aunur Ikmal Nugroho mengatakan, timbunan sampah bertambah tiap hari dan paling banyak dihasilkan dari limbah rumah tangga, terutama sampah sisa makanan. Hal ini disebabkan masih minimnya pengetahuan dan kesadaran warga untuk melakukan manajemen/pilah sampah. "Oleh karena itu kita edukasi masyarakat melalui kegiatan yang ringan dan menyenangkan yaitu mendadak masak dengan memanfaatkan bahan makanan yang ada, pesertanya anggota rumah tangga," ujarnya.

Sementara itu, Carina Aditya Wijaya (tim Green Guardian) menjelaskan bahwa program mendadak masak oleh Green Guardian dalam rangka kompetisi Voice of Youth Challenge tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia dan Danone Aqua. Melalui kegiatan ini diharapkan terbangun kesadaran warga untuk mulai melakukan manajemen sampah rumah tangganya. Selain itu menghargai makanan dengan memaksimalkan mengolah makanan sisa, supaya tidak langsung dibuang. "Antusiasme warga mengikut kegiatan ini sangat tinggi," ujarnya.

Pengurus RT 05, Dusun Banar Desa Deyangan, Purwadi Setiawan dan Purwani Pudji Asrifah mengaku sangat senang warganya dilibatkan dalam kegiatan mendadak masak ini. Menurut Purwani, edukasi tentang pentingnya melakukan manajemen sampah efektif tersampaikan melalui kegiatan yang dikemas seru dan menyenangkan ini. Sementara, Setiawan berharap kegiatan ini bisa digelar di lingkup yang lebih luas, melibatkan peserta yang lebih banyak. (Dev)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment