News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dokter UMY diharapkan Dapat Lanjutkan Perjuangan Muhammadiyah di Bidang Kesehatan

Dokter UMY diharapkan Dapat Lanjutkan Perjuangan Muhammadiyah di Bidang Kesehatan


WARTAJOGJA.ID: Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhamammadiyah mengharapkan para dokter baru alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dapat melanjutkan perjuangan Muhammadiyah untuk bangsa dan negara di bidang kesehatan. 
Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Dr. Drs. Immawan Wahyudi M. Hum Anggota majelis diktilitbang PP Muhammadiyah dalam Upacara pelantikan dan pengambilan Sumpah Dokter periode LXXVIII Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY, di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Rabu (08/11).

Dalam sambutannya, Immawan mengatakan bahwa inti dari pencapaian para dokter yang baru dilantik dan disumpah adalah pengabdian. Sehingga, ia berharap para dokter alumni UMY dapat melanjutkan perjuangan Muhammadiyah di bidang kesehatan.
“Mudah-mudahan para dokter baru alumni UMY dapat melanjutkan perjuangan Muhammadiyah untuk bangsa dan negara di bidang kesehatan. Dan, mudah-mudahan dengan bertambahnya dokter baru ini dapat menambah kuat dan semakin tersebar agama Islam non deskiminatif,” tuturnya. 

Lebih lanjut, Immawan menekankan pentingnya pengabdian dalam profesi dokter. Menurutnya tidak ada profesi yang sangat dekat urusannya dengan kehidupan dan kematian kecuali profesi dokter. 

“Pengabdian saudara, adalah pengabdian fiddunya wal akhirah, tidak ada profesi yang sangat dekat urusannya dengan kehidupan dan kematian kecuali profesi dokter. Karena berurusan langsung dengan mati dan hidupnya seorang pasien,” ujarnya. 

Sejalan dengan itu, Ketua IDI (Ikatan Dokter Indonesia) cabang Yogyakarta, Dr. Tri Kusuma Bawono S.E juga menyampaikan harapannya agar para dokter yang baru dilantik dapat menjadi dokter yang baik, amanah, dan selalu memperjuangkan amar ma'ruf nahi munkar. Menurutnya, dokter adalah profesi yang mulia, bahkan indeks kepercayaannya tinggi, sehingga tindakan dan perilakunya akan menjadi panutan bagi masyarakat.

“Makanya saya sering sampaikan jangan cuma numpang hidup di Amal usaha Muhammadiyah, tapi hidup-hidupilah Muhammadiyah,” imbuhnya.
Tri yang juga alumni Fakultas Kedokteran UMY ini juga mendorong para dokter baru untuk terus belajar dan meningkatkan ilmu mereka seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Dengan semangat belajar yang berkelanjutan, para dokter diharapkan dapat menjalani tugas mereka dengan baik.

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melantik dan melakukan sumpah Dokter kepada 16 dokter baru yang telah menyelesaikan pendidikan profesi dokter dalam kurun waktu enam tahun di UMY. Acara berlangsung khidmat dan diakhiri dengan persembahan bunga para Dokter baru kepada para orang tua yang penuh tangis haru. 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment