News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bantu Lestarikan Alam, Daop 6 Kembali Tanam 14 Ribu Bibit Pohon di Temanggung

Bantu Lestarikan Alam, Daop 6 Kembali Tanam 14 Ribu Bibit Pohon di Temanggung


WARTAJOGJA.ID: Sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap kelestarian lingkungan, KAI Daop 6 Yogyakarta kembali menyalurkan bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) penanaman 14 ribu bibit pohon di Temanggung, pada Selasa (14/11).

Total bantuan senilai 200 Juta Rupiah diserahkan secara langsung oleh EVP Daop 6 Bambang Respationo bersama Manajemen Daop 6 kepada PJ Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo. Adapun simbolis penanaman bibit pohon dilakukan oleh seluruh Manajeman Daop 6 Yogyakarta di lereng Gunung Sindoro dan Sumbing.

"Penanaman pohon di tahun 2023 ini merupakan tahun ketiga dalam rangka mendukung Gerakan Sabuk Gunung Kabupaten Temanggung. Dua tahun sebelumnya KAI Daop 6 telah menanam pohon konservasi seperti pohon beringin, bambu, dan aren sebagai konservasi tanah dan air terkhusus di daerah lereng Gunung Sindoro dan Sumbing di Kabupaten Temanggung," kata EVP Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo.

Ia menjelaskan bibit yang ditanam kali ini merupakan bibit tanaman buah seperti Jambu Monyet, Alpukat, Jambu Air, dan Jambu Kristal. Tanaman tersebut diharapkan dapat membantu menjaga kelestarian alam dan ketahanan air.   

Gerakan Sabuk Gunung Kabupaten Temanggung merupakan gerakan penghijauan yang dilatarbelakangi peningkatan lahan kritis yang akan mempengaruhi kesuburan tanah, serta ancaman bahaya degradasi lahan dan ancaman ketersediaan air.

Pohon-pohon tersebut juga disiapkan untuk mengantisipasi serbuan Monyet Ekor Panjang (MEP) ke pemukiman warga akibat dari ketersediaan bahan makanan yang terbatas pada kemarau panjang.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kesempatannya melaksanakan program TJSL perusahaan di Temanggung. Semoga program kolaborasi antara KAI dan Pemkab Temanggung ini akan terus berkelanjutan terutama dalam hal konservasi tanah dan air yang akan memberikan manfaat bagi perbaikan alam dan bagi masyarakat," ujarnya.

Pj Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas bantuan TJSL yang diberikan oleh KAI Daop 6 Yogyakarta. 

"Bantuan tersebut sangat luar biasa bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat terutama untuk menjaga kelestarian lingkungan dan ketahanan sumber air. Semoga KAI selalu diberikan kelancaran dalam menjalankan usahanya dan terus memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar," tutupnya. (Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment