News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UAD Yogyakarta Kukuhkan 3 Guru Besar, Rektor Targetkan Hingga 2027 Bertambah 146 Guru Besar Lagi

UAD Yogyakarta Kukuhkan 3 Guru Besar, Rektor Targetkan Hingga 2027 Bertambah 146 Guru Besar Lagi


WARTAJOGJA.ID : Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menyelenggarakan Sidang Terbuka Senat dengan agenda Pengukuhan tiga guru besar pada Senin, 23 Oktober 2023 bertempat di Amphitarium Gedung Utama Lantai 9 Kampus 4 UAD Yogyakarta.
 
Adapun guru besar yang dikukuhkan adalah Prof. Ir.  Anton Yudhana, S .T., M.T., Ph.D., Prof. Dr. Ir. Siti Jamilatun, M.T., dan  Prof. Dr. Sugiyarto, S .S i., M.S i. 

Dalam pidato pengukuhannya Prof. H. Sugiyarto, M.Si., Ph.D mempresentasikan makalah berjudul Model Optimasi di Era 4.0 Menuju 5.0 dengan Pendekatan Fuzzy Set dan Fuzzy Number. 

Lalu Prof. Dr. Ir. Siti Jamilatun, M.T. mempresentasikan
makalah berjudul Bahan Bakar Terbarukan dari Biomassa: Peluang dan Tantangan untuk Pasokan Energi Masa Depan. 

Sedangkan Prof. Ir.  Anton Yudhana, S .T., M.T., Ph.D., mempresentasikan makalah berjudul 
Kolaborasi Tiga Pilar Untuk Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi Melalui Inovasi Agri Precision Dan Biomedical Instrumentation.

Rektor UAD Prof Dr Muchlas MT mengatakan dikukuhkannya tiga guru besar ini, maka total guru besar UAD sampai saat ini berjumlah 32 orang, namun satu orang diantaranya telah meninggal dunia sehingga total ada 31 guru besar.

"Dari 31 guru besar itu, 16 guru besar diantaranya lahir dari rahim UAD," kata Rektor.

Rektor UAD berharap melalui program program percepatan guru besar ditargetkan pada tahun 2027 mendatang UAD bertambah 146 guru besar atau 20% dari 730 an dosen yang dimiliki UAD saat ini. 

"Jadi rata rata kami targetkan setiap tahun bertambah 28 guru besar, meski setelah kami konfirmasi ke Biro SDM sepertinya ini agak berat targetnya," kata dia.

Rektor nenuturkan pihaknya sangat bangga dengan tambahan guru besar yang ada dari berbagai bidang. Seperti guru besar bidang Teknik Elektro dari Prof. Ir.  Anton Yudhana, S .T., M.T., Ph.D., kemudian ilmu energi terbarukan Prof. Dr. Ir. Siti Jamilatun, M.T., dan bidang matematika terapan dari Prof. Dr. S ugiyarto, S .S i., M.S i.

"Kita berharap ketika guru besar ini nantinya tidak hanya memberikan manfaat bagi almamater dan perserikatan tapi juga merambah manfaat sampai meningkatkan martabat bangsa dan negara khususnya di kancah global ini," kata dia. (Cak/Rls)


 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment