News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pantai Depok hingga Pantai Cemara Bantul Jadi Ajang Pelatihan Bencana Bersama 18 Negara

Pantai Depok hingga Pantai Cemara Bantul Jadi Ajang Pelatihan Bencana Bersama 18 Negara




WARTAJOGJA.ID :  Sejumlah kawasan wisata pesisir selatan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi ajang latihan bersama kesiapsiagaan bencana delegasi dari 18 negara dunia mulai 15 hingga 20 Oktober 2023 ini.

Latihan kesiapsiagaan bencana bertajuk Field Training Exercise (FTX) itu dipusatkan antara lain di sepanjang Pantai Depok, Laguna Depok, Jembatan Kretek II, Muara Sungai Opak, hingga Pantai Cemara.

Pemilihan kawasan pesisir selatan Bantul itu sebagai representasi meningkatkan kewaspadaan potensi bencana seperti gempa bumi juga tsunami.

"Latihan kebencanaan yang melibatkan 18 negara ini berfokus bagaimana persepsi dan langkah mitigasi penanganan bencana," kata 
koordinator kegiatan itu Kolonel Airlangga, Rabu 18 Oktober 2023.

Dalam perhelatan itu, digelar diantaranya simulasi penanggulangan bencana sampai tahapan recovery penanganan bencana yang krusial dilakukan.

Misalnya, dalam simulasi itu para delegasi dihadapkan pada peristiwa bencana gempa bumi tak terduga dengan magnitudo 8,8 Skala Richter (SR) di laut selatan. Gempa itu diganbarkan memicu gerakan gelombang tsunami yang tingginya mencapai 22 meter. 

Evakuasi pun dilakukan dengan titik perlindungan yang telah disiapkan termasuk keberadaan rumah sakit lapangan. Simulasi penyelamatan juga dilakukan pada korban yang tertimpa bangunan dan tersangkut di pohon.

Selain itu, dalam simulasi ini tim penyelamat juga berhasil menyelamatkan korban yang terjepit di bawah jembatan. Sebuah helikopter dikerahkan untuk menyelamatkan korban di tempat yang sulit dijangkau dari daratan. Beberapa tim penyelam juga dengan sigap menyelamatkan para korban.  

"Simulasi kebencanaan seperti ini tergolong proses baru karena lengkap rangkaiannya seperti situasi lapangan," kata Airlangga.

Salah satu peserta yang juga 
Atase Pertahanan Jepang, Captain Hamakawa Sho menuturkan simulasi seperti ini perlu karena bencana datangnya tak bisa diduga.

"Jadi kami senang sekali dan sangat bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan latihan gabungan ini dari awal sampai akhir," kata Hamakawa.
 (Dho)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment