News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Naik Kereta Gratis Sembari Belajar Sejarah Kereta Di Jogja Spoor Festival 2023

Naik Kereta Gratis Sembari Belajar Sejarah Kereta Di Jogja Spoor Festival 2023

 
WARTAJOGJA.ID : Wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta akhir pekan ini bisa menyambangi komplek Balai Yasa Yogyakarta.

Sebab, mulai 29 September 2023 – 1 Oktober 2023 ini digelar event 
Jogja Spoor Festival 2023 yang diinisiasi Balai Yasa Yogyakarta bersama PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 serta Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Event yang dipusatkan di komplek bengkel perkeretaapian selama tiga hari itu, menawarkan wisata edukasi bagi pengunjung yang datang.

Pengunjung bisa menyaksikan berbagai aktivitas, mulai menjajal wahana Kereta Rel Diesel Elektronik (KRDE) gratis, workshop tur, dokumentasi sejarah kereta api, hingga pemeriksaan kesehatan mulai pukul 08.00 WIB - 17.00 WIB.

"Pengunjung yang sudah reservasi event ini ada 20 ribu orang," ungkap Kepala Balai Yasa Yogyakarta, Eko Windu Widyo Purnomo Jumat 29 September 2023.

Dalam event ini, pengunjung bisa melihat dan belajar berbagai hal terkait kereta api. Seperti bagaimana kereta api selama ini dirawat baik mesin dan interiornya, sehingga bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna.

"Event ini menjadi konsep baru wisata edukasi dalam bidang perkeretaapian," ujarnya.

Tak sekedar itu. Pada event yang juga diwarnai festival kuliner itu, pengunjung bisa belajar sejarah Balai Yasa Yogyakarta yang dibangun pada tahun 1914 dan melakukan overhaul lokomotif uap hingga lokomotif diesel termasuk KRDE. 

Adapun Kepala PT KAI Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo mengatakan, selain edukasi tentang sejarah perkeretaapian, dalam event ini jadi momentum edukasi soal keselamatan dan sosialisasi terkait perlintasan kereta. 

"Edukasi itu dilakukan melalui simulasi, bagaimana ketika kereta lewat lintas ditutup sehingga wisatawan terutama anak anak belajar tentang perlintasan kereta," kata Bambang.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo menuturkan event ini menjadi wahana edukasi dan menambah pengetahuan dan pengalaman wisatawan terutama anak-anak tentang kereta api.

"Edukasi tentang transportasi publik penting ditanamkan sejak dini, dengan pendekatan yang fun seperti event ini," kata Singgih.

Selain bisa naik KRDE gratis, dan cek kesehatan gratis serta lomba mewarnai, ada pula bazaar kreatif dan pertunjukkan seni musik dalam event ini. (Cak)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment