News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

ISSC Goes To Campus di UII Yogyakarta, Ajak Akademisi Sinkronkan Teori dan Praktek Lapangan

ISSC Goes To Campus di UII Yogyakarta, Ajak Akademisi Sinkronkan Teori dan Praktek Lapangan




WARTAJOGJA.ID : Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar Indonesian Society of Steel Construction (ISSC) Goes to Campus 2023 di Auditorium Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Sabtu (21/10/2023).

Acara presentasi produk dan teknologi ini mengusung tema Rancang Bangun Konstruksi Baja.

Ketua panitia, Edison Hatoguan Manurung mengatakan, roadshow kegiatan ini diselenggarakan di 24 kampus se-Jawa dan Bali sejak 12 September 2023. 

"Event di UII adalah pelaksanaan kelima belas. Sepanjang rangkaian roadshow, kami sudah menghadirkan 14 narsum dari akademisi dan 84 praktisi, sedangkan hari ini mendatangkan 6 praktisi dan 1 akademisi," katanya.

Program ISSC Goes To Campus salah satunya bertujuan untuk mengurai gap yang selama ini ada antara teori dan praktik di lapangan. ISSC selaku perpanjangan Kementerian PUPR diharapkan pula dapat menjembatani dosen dalam melakukan riset.

Dalam sambutan Ketua Umum ISSC yang diwakili oleh Singgih Waseso, pihaknya berharap kerjasama bisa berlanjut termasuk untuk program magang dan penelitian dosen. Kepada para peserta mahasiswa, dia juga berpesan agar pandai membaca peluang.

"Di kawasan industri sudah mulai masuk investasi sehingga tenaga teknik sipil sangat dibutuhkan. Jangan sampai peluang itu ada tapi kebanyakan diisi oleh tenaga luar negeri," katanya.

Pada kesempatan itu, Dekan FTSP UII, Prof Ilya Fadjar Maharika menyoroti kerusakan alam yang terjadi akibat perbuatan manusia. Industri bisa menjadi salah satu jalan untuk memecahkan persoalan tersebut.

Di masa mendatang, dia melihat ada tiga industri yang potensial berkembang diantaranya industri printing 3D, fabrikasi kustomisasi massal, dan biomaterial.

Ilya Fadjar Maharika jugabmengatakan konsep keseimbangan harus menjadi dasar utama dalam pembangunan. Mengingat dalam kurun waktu 100 tahun terakhir pembangunan telah mengubah wajah bumi. Oleh karena itu masyarakat industrial yang merupakan pelaksana pembangunan harus memikirkan hal itu.

“Kita sebagai manusia yang pembangun ini sangat penting secara bersama membahas hal ini, agar setiap pembangunan selalu mengedepankan keseimbangan alam. Kegiatan ISSC Goes To Campus ini salah satunya yang bisa menjadi media bagi mahasiswa mendapatkan wawasan tentang perkembangan industri,” kata Ilya.
Melalui kegiatan itu harapannya mahasiswa bisa memiliki inovasi dalam pembangunan ke depan. Selain itu mengetahui secara langsung penerapan antara teori dan praktik di lapangan. (Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment