News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hari Ini Jogja World Heritage Festival 2023 di Yogyakarta Dimulai

Hari Ini Jogja World Heritage Festival 2023 di Yogyakarta Dimulai


WARTAJOGJA.ID : Penetapan
Sumbu Filosofi Yogyakarta sebagai Warisan Budaya Dunia oleh Sidang Unesco pada 18 September 2023 diikuti dengan gelaran Jogja World Heritage Festival atau JWHF yang akan dihelat Sabtu hingga Minggu, 28-29 Oktober 2023 di Yogyakarta.

"Melalui JWHF ini kami ingin mengenalkan dan menguatkan apresiasi masyarakat terhadap nilai penting universal Sumbu Filosofi dalam bentuk aktifitas yang menyenangkan dan menambah pengalaman," kata Sekretaris DIY Benny Suharsono Jumat 27 Oktober 2023.

Dalam event JWHF 2023 ini ada tiga kegiatan besar yang bisa dinikmati masyarakat dan wisatawan. Yakni
Pahargyan Yogyakarta Warisan Budaya Dunia, Amazing Race Sumbu Filosofi Adverture, dan Fam Trip Si Sufi Lovely.

Amazing Race Sumbu Filosofi Adventure merupakan lomba ketangkasan yang menguji kekompakan dan pengetahuan secara berkelompok dari titik ke titik. Yang digelar 28 Oktober 2023 mulai pukul 07.00 hingga 11.OO WIB di Taman Budaya Yogyakarta.
 
Jumlah peserta lomba ini ada 40 tim di mana setiap tim terdiri dari 10 orang peserta. Peserta akan melintasi disepanjang Sumbu Filosofi dari Tugu Pal Putih sampai Panggung Krapyak. Bagi peserta Amazing Race harus melalui sembilan titik atau pos yang masing-masing harus dapat menyelesaikan tugas/permainan yang disediakan oleh panitia. Dengan batasan waktu kurang lebih 150 menit atau 2,5 Jam 

Sedangkan event Fam Trip Si Sufi Lovely merupakan aktivitas perjalanan yang dikemas dalam cultural experience terhadap nilai perjalanan hidup manusia (sangkan paraning dumadi) di kawasan Sumbu Filosofi.

Fam trip ini diselenggarakan pada 28 dan 29 Oktober 2023 di Kampung Wisata Mantrijeron dan Jelajah Benteng Kraton. Dilanjutkan tur dengan transportasi khusus Bus Jogja Heritage Track (JHT) mengeksplorasi kawasan Kraton -  Panggung Krapyak – Tugu - Kraton dan Jemparingan di Gedong Kiwo Yogyakarta.
 
Adapun Pahargyan Yogyakarta Warisan Budaya Dunia merupakan doa bersama yang dihelat pada 28 Oktober 2023 di Malioboro. Sebagai  syukuran atas penetapan Yogyakarta sebagai Warisan Budaya Dunia Unesco. 

Dalam kegiatan yang digelar pada siang hari mulai pukul 14.30 WIB itu akan diikuti Raja Keraton yang juga Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan aksi potong tumpeng hingga jingle dan flashmob bertajuk Yogyakarta Warisan Dunia.
 
Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Laksmi Pratiwi mengatakan pada tahun 2023 ini pihaknya menerima warisan budaya tak benda sebanyak 25 jenis. Di mana salah satunya merupakan Sumbu Filosofi yang diakui sebagai warisan budaya dunia. (Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment