News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tekan Angka Pengangguran dan Potensi Kejahatan, Polda DIY Gelar Pelatihan Barista Puluhan Milenial

Tekan Angka Pengangguran dan Potensi Kejahatan, Polda DIY Gelar Pelatihan Barista Puluhan Milenial



WARTAJOGJA.ID : Polda DIY melalui Biro Sumber Daya Manusia (SDM) menggelar pelatihan barista untuk 20 milenial di Yogyakarta, pada 4-8 September 2023.

Kapolda DIY, Irjen Suwondo Nainggolan, mengungkapkan dalam pelatihan ini para peserta yang rata-rata belum ekspert di perkopian, mendapat materi berupa teori dasar, roasting, hingga kebaristaan.

"Ini terkait dengan tugas kami menjaga kamtibmas. Karena indikatornya ketika ekonomi meningkat, pengangguran ditekan, maka keamanan tercipta. Salah satunya, saat masyarakat punya pekerjaan," urainya, Senin (4/9/2023).

Oleh sebab itu, Polda DIY pun menggandeng pihak perguruan tinggi dan industri kopi di Yogyakarta agar para peserta yang sudah mendapat ilmu dari pelatihan ini bisa disalurkan sebagai tenaga kerja.

"Kepala Biro SDM Polda DIY mengusulkan, bagaimana membuat pelatihan barista dan menyalurkan mereka ke tempat kerja. Tentu ini sangat baik dan kami dukung," tandasnya.

"Artinya, 20 orang ini akan punya penghasilan. Banyak kafe di Yogyakarta yang membutuhkan barista, kami ingin agar barista punya kemampuan meramu kopi yang baik," tambah Suwondo.

Sementara itu, Kepala Biro SDM Polda DIY, Kombes Polisi Nanang Djunaedi, menambahkan kegiatan ini secara khusus dilangsungkan untuk melatih anak-anak muda yang belum memiliki pekerjaan.

Terlebih, selepas mengikuti pelatihan selama lima hari, mereka bakal disalurkan untuk bekerja di kafe atau kedai kopi di Yogyakarta, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraannya.

"Ini ke depannya akan terus kami kawal. Nanti akan ada batch-batch pelatihan selanjutnya juga, yang semoga bisa bermanfaat," ujarnya. (Cak/Rls)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment