News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Stasiun Yogyakarta Suguhkan Miniatur Lokomotif Terbesar di Indonesia

Stasiun Yogyakarta Suguhkan Miniatur Lokomotif Terbesar di Indonesia


WARTAJOGJA.ID: Roadshow miniatur cetak tridimensi lokomotif uap DD5208 pemecah rekor MURI di Yogyakarta akan dimulai Kamis, 7 September 2023 hingga 28 September 2023.

Seperti halnya roadshow Surabaya, roadshow Yogyakarta juga akan dibuka dengan seremoni sederhana di area Stasiun Yogyakarta Tugu. Seremoni ini akan berlangsung pada hari pertama roadshow, Kamis, 7 September 2023 sore hari mulai pukul 16:00 WIB.

Tak hanya roadshow, nantinya akan ada pula hal-hal menarik lainnya seperti games seru untuk diikuti oleh pengunjung pengunjung. Bagi pengu njung yang memenangkan games ini tentunya akan mendapatkan hadiah hadiah menarik dari tim IRPS.

Yogyakarta menjadi kota ketiga yang dikunjungi miniatur lokomotif uap DD5208. Miniatur yang proses pencetakannya berlangsung di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng bekerjasama dengan 3D Zaiku Indonesia dan KAI pada 7 21 Juni 2023 lalu ini awalnya dipamerkan selama satu bulan di Lawang Sewu, Semarang, pada tanggal 3-29 Juli 2023 setelah penganugerahan rekor MURI pada 2 Juli 2023.

Kemudian, miniatur berpindah kota menuju Surabaya. Di Surabaya, miniatur lokomotif
uap DD5208 dipamerkan di ruang tunggu penumpang gedung baru Stasiun Surabaya Gubeng pada tanggal 4 28 Agustus 2023 lalu, dengan calon penumpang yang akan menaiki kereta api maupun petugas yang berada di stasiun cukup antusias dengan kehadiran miniatur.

Di Stasiun Yogyakarta Tugu, miniatur dengan panjang sekitar 6 meter dengan lebar 80 sentimeter ini akan dipajang di gedung utama sebelah timur timur, tepatnya setelah boarding gate dan face recognition boarding gate yang berada di antara peron utara dan selatan.


Berbeda dengan di Lawang Sewu maupun di Stasiun Surabaya Gubeng, miniatur lokomotif uap DD5208 tidak akan ditutupi dengan etalase, namun miniatur akan terbuka sehingga pengunjung dapat dengan lebih jelas melihat detail dari miniatur lokomotif.

Miniatur lokomotif DD5208 ini memiliki skala 1:4, di mana proses pembuatan miniatur lokomotif ini diawali dengan menggambar 3D modeling tanpa blueprint selama 4 bulan dan hanya dengan melihat referensi foto dan video. Proses tersebut menghasilkan 1.996 komponen yang selanjutnya dirakit hingga menghasilkan bentuk lokomotif DD52 secara utuh.

Lokomotif uap DD52 adalah salah satu jenis lokomotif uap artikulasi “Mallet” dengan ukuran terbesar yang pernah beroperasi di Indonesia. Lokomotif DD52 memiliki panjang 20.792 mm, dengan bobot 136 ton beserta tender dan mampu berjalan dengan kecepatan maksimum 50 km/jamam. Lokomotif ini didatangkan sebanyak 10 unit oleh perusahaan kereta api milik negara, Staatsspoorwegen (SS) sepanjang tahun 1923-1924 dari tiga pabrikan berbeda di Benua Eropa.

Tiga lokomotif pertama merupakan buatan Hannoversche Maschinenbau AG (Hanomag), Hanover, Jerman. Tiga lokomotif berikutnya merupakan buatan Sächsische Maschinenfabrik vormals Richard Hartmann, Chemnitz, Jerman. Sementara itu, empat lokomotif terakhir merupakan buatan Nederlandsche Fabriek van Werktuigen en Spoorwegmaterieel (Werkspoor), Amsterdam, Belanda.

Di dekade 1970an, hanya tersisa dua lokomotif yaitu DD5203 dan DD5208 yang siap operasi. Kedua lokomotif ini beroperasi hingga pertengahan 1970an, dengan keduanya pada akhirnya dibesituakan di akhir 1970an. 

"Dengan begitu, praktis tidak ada lagi sisa dari lokomotif ini untuk dilihat pada hari ini. Hal tersebut yang kemudian mendasari ide dari pembuatan miniatur dan pameran lokomotif ini untuk menyosialisasikan sejarah perkeretaapian di Indonesia sehingga masyarakat dapat lebih mengetahui sejarah keberadaan lokomotif ini di masa lalu," ujar EVP Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo.

Selain itu, ia mengatakan kehadiran pameran miniatur lokomotif  terbesar ini juga diharapkan dapat sebagai sarana hiburan bagi penumpang KA di stasiun Tugu yogyakarta.

“KAI mengucapkan terima kasih kepada IRPS, 3D Zaiku, serta para pelanggan kereta api atas terlaksananya Pameran Miniatur Lokomotir Rekor MURI ini. KAI terbuka bersinergi dengan berbagai pihak dalam memberikan kebermanfaatan dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Hal ini sebagai upaya edukasi sejarah perkeretaapian di Indonesia kepada masyarakat,” katanya.

CEO 3D Zaiku, James MAK, mengatakan "Total ada 2000-an layer (lapis) bahan plastik untuk menyusun miniatur kereta ini, bobotnya sekitar 400 kilogram," kata  James MAK.

James menuturkan, selama dua pekan penuh, miniatur kereta itu dibuat dengan menjalankan 35 unit mesin print tiga dimensi non stop. Hal ini dilakukan untuk mencetak lapis demi lapis bahan hingga bisa membentuk obyek tiga dimensi. 

Pembuatan miniatur berskala 1:4 itu menghabiskan dana sekitar Rp.200 juta itu melibatkan sekitar 20 orang yang seluruhnya dilakukan di Semarang Jawa Tengah.

James menambahkan pembuatan miniatur lokomotif ini diawali dengan menggambar 3D modeling tanpa blueprint selama 4 bulan dan hanya dengan melihat referensi foto dan video. Proses tersebut menghasilkan 2.000 lapis atau persisnya 1.996 komponen yang selanjutnya dirakit hingga menghasilkan bentuk lokomotif DD52 secara utuh. (Cak/Rls)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment