News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan Sibakul di Minggir Sleman, Pemberdayaan UMKM Harus Digiatkan

Sarasehan Sibakul di Minggir Sleman, Pemberdayaan UMKM Harus Digiatkan




WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL pada 4 September 2023 yang dipusatkan di Balai Kalurahan Sendangagung, Plombangan, Sendangagung, Minggir, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Hadir sebagai narasumber H. Muhammad Yazid, S.Ag - Anggota DPRD DIY, Wisnu Hermawan, S.P., M.T. selaku Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan KUKM Dinas Koperasi dan UKM DIY,
Tokoh Pelaku UMKM Inspiratif, Raden Heru Prasetya Wibawa, S.E., M.I.P - Lurah Sendangagung.

Sendangagung memiliki potensi pertanian dan tegalan yang berlimpah berupa berlimpahnya produksi padi, jagung, pohon kelapa, dan pohon bambu. 

Komoditas pertanian utama 
lainnya adalah jagung yang rajin ditanam oleh petani Dusun Nanggulan. Kedua komoditas ini 
diproduksi di lahan persawahan dengan produktivitas yang tinggi. 

Sedangkan komoditas utama 
lainnya yang tumbuh di tegalan adalah pohon kelapa dan pohon bambu. Pohon kelapa tumbuh dan 
besar di wilayah ini dengan jumlah yang besar. 

Untuk sementara produk yang bisa dihasilkan oleh pohon kelapa di Nanggulan adalah berupa penjualan buah kelapa dan bahan kerajinan dari daun kelapa. 

Sedangkan produk sampingan pohon kelapa lainnya seperti arang 
batok kelapa maupun sabut kelapa yang memiliki potensi besar untuk diekspor. Sedangkan untuk pohon bambu, produksinya yang besar dapat dipasok ke kota 
untuk keperluan bangunan. Potensi pohon bambu sebagai produk ekspor masih belum dieksplorasi.

Wisnu Hermawan, S.P., M.T. selaku Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan KUKM Dinas Koperasi dan UKM DIY menuturkan
skema pembangunan kawasan perdesaan yang berkelanjutan dengan pemberdayaan UMKM harus kembali digiatkan seiring dengan upaya pengentasan kemiskinan, penurunan ketimpangan, dan menekan angka pengangguran; melalui kegiatan ekonomi produktif. 
 
"Berpijak pada hal tersebut, Dinas Koperasi UKM DIY tetap konsisten berupaya melakukan revitalisasi ekonomi yang tetap mendasarkan pada cara-cara yang meneguhkan pemenuhan adaptasi kebiasaan baru," kata Wisnu.

Seperti diantaranya kebijakan TRANSFORMASI DIGITAL melalui system SIBAKUL JOGJA.  Salah satu upaya startegisnya adalah menyelenggarakan sarasehan UMKM yang diadakan pada lokasi perdesaan.  Harapannya, terjadi silang diskusi, masukan, hingga pencerahan dan inspirasi antar pemangku kepentingan yang lintas sector maupun lintas kewenangan, dalam membangun ekonomi perdesaan yang berbasis UMKM pada wilayah setempat.  

Pelibatan masyarakat setempat sebagai peserta talkshow juga diharapkan akan menjadi pintu pembuka tentang harapan, himbauan, hingga sosialisasi tentang kebijakan pembangunan daerah. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment