News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rektor ISI Yogyakarta Tutup Usia, PR I : Almarhum Sosok Produktif Sebagai Akademisi dan Seniman

Rektor ISI Yogyakarta Tutup Usia, PR I : Almarhum Sosok Produktif Sebagai Akademisi dan Seniman




WARTAJOGJA.ID : Telah meninggal dunia Profesor Dr. Drs. Timbul Raharjo M.Hum Rektor Institut di Indonesia Yogyakarta periode 2023-2027 karena sakit. 

Beliau wafat pada Selasa, 5 September 2023, sekitar pukul 17.20 WIB di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito Yogyakarta. 

"Semasa hidupnya beliau dikenal sebagai akademisi, seniman dan entrepreneur di bidang ekonomi kreatif," kata Dr. Irwandi, M.Sn. selaku Pembantu Rektor I ISI Yogyakarta Selasa.

Irwandi mengatakan sebagai seorang akademisi almarhum dikenal sebagai akademisi yang produktif melakukan penelitian, publikasi ilmiah dan menulis buku ajar. 

"Kemampuan beliau sebagai akademisi bidang seni diakui di level nasional dan internasional sehingga beliau sering menjadi narasumber workshop, seminar baik di dalam maupun di luar negeri," kata Irwandi.

Sebagai seniman, Timbul juga dikenal produktif.

"Karya-karya beliau dalam bentuk patung atau keramik dapat dijumpai dengan mudah di ruang-ruang publik. Pantung Singa di Sleman City Hall, Patung Jenderal Soedirman dan Pangeran Diponegoro di Bantul serta Patung Singa Tegar Jawara merupakan beberapa karya monumental beliau di ruang public," kata dia.

"Dengan kompetensi seni yang dimiliki beliau juga menjadi entrepreneur di bidang ekonomi kreatif," kata Irwandi.

Berdirinya PT. Timboel yang mampu menyerap banyak tenaga kerja serta memberdayakan masyarakat disekitar kasongan menjadi bukti keberhasilan beliau sebagai seorang entrepreneur. 

Dunia seni dan ekonomi kreatif di tanah air kehilangan pribadi yang mampu menjadi sumber inspirasi sekaligus motivator bagi seniman-seniman muda dan pelaku industri ekonomi kreatif. 

"Semoga karya-karya yang beliau tinggalkan terus memotivasi para penerusnya untuk lebih produktiv dan semoga beliau diberikan tempat berbaik disisiNya," kata dia.
 
Pihak kampus menyatakan kepada seluruh keluarga besar ISI Yogyakarta bahwa pada Hari Rabu, 6 September 2023 bertempat di lobby Gedung Rektorat akan dilaksanakan Upacara  Persemayaman  Prof Dr. Drs. Timbul Raharjo, M.Hum. 

Jenazah Prof. Dr. Drs. Timbul Raharjo, M. Hum. akan dipersemayamkan di Gedung Rektorat ISI Yogyakarta pukul 11.30 WIB. Pemberangkatan jenazah dari rumah duka pukul 10.30 WIB. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment