News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan Sibakul di Gayamharjo Prambanan, UMKM Diajak Saling Bersinergi

Sarasehan Sibakul di Gayamharjo Prambanan, UMKM Diajak Saling Bersinergi




WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL pada Rabu 16 Agustus 2023 yang dipusatkan di Gayamharjo Prambanan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisnu Hermawan, S.P., M.T.- Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan KUKM Dinas Koperasi dan UKM DIY dalam sarasehan itu mengatakan bicara UMKM juga perlu melihat kondisi kawasannya.

"Jadi Gayamharjo ini kan termasuk bagian dari pegunungan kalau katanya orang arkeologi itu di daerah pegunungan Siwa karena daerah ini juga banyak candi, batu-batuan bagian dari peradaban Mataram," kata Wisnu.

Sehingga kalau bicara UMKM yang relevan, tidak bisa dilepaskan dari wilayah kapanewon Prambanan. Apakah itu prambanan-klaten maupun Prambanan yang ada di Sleman ini yang menjadi kawasan yang terintegrasi.

"Pengembangan UMKM di sini perlu dilakukan dalam konteks pengembangan kerjasama kelurahan juga, tidak bisa sendirian, jadi kalau sendirian effort nya berat karena kalau bicara akses jalan memang harus terintegrasi dengan destinasi wisata di sekitar sini yang sudah terbentuk," kata Wisnu.

Misalnya saja pengembangan kawasan destinasi Mintorogo di wilayah itu jangan sendirian. Bisa disinergikan dengan pengembangan Candi Hijau.

"Saya kira nanti UMKM pendukung yang ada seperti tomblo, ada olahan singkong, ada olahan kacang hijau Ini juga bisa muncul dengan sendirinya di kawasan di sekitar Mintorogo," kata dia.

Pasar UMKM, kata Wisnu, menyasar wisatawan. Namun ketika wisatawan mau ditarik ke situ harus ada satu paket yang lain yang memungkinkan disitu dikenal dulu. 

"Kalau di sini juga mengembangkan tapi tidak berinteraksi dengan kawasan lain itu efeknya kurang besar," kata Wisnu.

Lurah Gayamharjo Prambanan, Parwoko, ST dalam sarasehan itu mengatakan Gayamharjo merupakan wilayah yang berada di perbatasan Gunungkidul dan Klaten.

"Memang banyak sekali potensi wisata di area ini, baik potensi potensi untuk outbound, menikmati view Merapi dan religi, hanya kita harus gerak cepat meningkatkan ekonomi menggali dan memanfaatkan potensi itu untuk menggeliatkan UMKM," kata dia.

Dalam sarasehan itu hadir ketua forkom UMKM kapanewon Prambanan Aan Permana dan anggota DPRD DIY Sutemas Waluyanto S.Sos.

Dinas Koperasi UKM DIY tetap konsisten berupaya melakukan revitalisasi ekonomi yang tetap mendasarkan pada cara-cara yang meneguhkan pemenuhan adaptasi kebiasaan baru, seperti diantaranya kebijakan Transformasi Digit melalui system Sibakul Jogja.   

Salah satu upaya startegisnya adalah menyelenggarakan talkshow sarasehan UMKM yang diadakan pada lokasi perdesaan.  Harapannya, terjadi silang diskusi, masukan, hingga pencerahan dan inspirasi antar pemangku kepentingan yang lintas sector maupun lintas kewenangan, dalam membangun ekonomi perdesaan yang berbasis UMKM pada wilayah setempat.  Pelibatan masyarakat setempat sebagai peserta talkshow juga diharapkan akan menjadi pintu pembuka tentang harapan, himbauan, hingga sosialisasi tentang kebijakan pembangunan daerah. (Cak/Rls)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment