News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Proses PAW, Dua Anak Amien Rais Mundur Dari DPRD DIY

Proses PAW, Dua Anak Amien Rais Mundur Dari DPRD DIY


Hanum Rais (ist)

WARTAJOGJA.ID : DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengelar rapat paripurna penggantian antarwaktu (PAW) sejumlah anggota dewan periode 2019-2024, Kamis 31 Agustus 2023.

Dalam rapat paripurna itu, salah satu yang di PAW adalah putri Amien Rais, Hanum Salsabila Rais dari Fraksi PAN. 

"Mbak Hanum mengundurkan diri (sebagai anggota DPRD DIY dari Fraksi PAN), sehingga oleh partainya digantikan oleh Mardiyono," kata Ketua DPRD DIY Nuryadi.

Adik kandung Hanum, Baihaqi Rais, yang juga anggota DPRD DIY dari Fraksi PAN juga telah mengundurkan diri. Namun proses PAW terhadap Baihaqi Rais belum bisa dilakukan bersamaan dengan Hanum karena masih menunggu surat dari Kementerian Dalam Negeri.

"Hari ini (yang diproses PAW dari Fraksi PAN) baru Mbak Hanum, karena dia kan sudah cukup lama (proses mengundurkan diri)," kata Nuryadi.

Pada Rapat Kerja Wilayah Partai Ummat DIY di Kabupaten Sleman 29 April 2023 silam, Hanum Rais memang telah menyatakan mengundurkan diri dari PAN yang mengantarnya duduk sebagai anggota DPRD DIY.

Hanum saat itu secara terbuka menyatakan mundur dari PAN karena telah berlabuh ke Partai Ummat dan akan maju sebagai calon legislatif DPR RI pada 2024 mendatang.

"Saya sudah sampaikan (pengunduran diri) ke Pak Ketua Umum PAN dan beliau sudah paham, saya sudah mengundurkan diri, jadi sudah resmi," kata Hanum.

Pendiri Partai Ummat dan juga politisi senior Amien Rais pun dalam rapat kerja wilayah itu menuturkan langkah politik anak-anaknya jelang Pemilu 2024.

Untuk Baihaqi Rais yang saat itu masih tercatat sebagai anggota DPRD DIY dari Fraksi PAN periode 2019-2024, Amien mengatakan sebenarnya sudah tidak berminat di bidang politik hingga hendak mundur.

"Baihaqi itu tadinya sudah tidak berminat lagi di politik, tapi setelah ibunya mengatakan 'Baihaqi, itu tokoh-tokoh dari Aceh sampai Papua mendukung perjuangan bapak (Amien Rais), lah kalau anak kandungnya malah tidak ikut (mendukung) kan lucu'," kata Amien menirukan istrinya.

"(Baihaqi lalu menjawab) 'iya, Bu, siap Bu, saya akan mendaftar calon legislatif lagi, tapi bukan DPR RI tapi untuk DPRD provinsi DIY," imbuh Amien Rais. (Duk)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment