News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UII Yogyakarta Wisuda 820 Lulusan, 3 Diantaranya Doktor

UII Yogyakarta Wisuda 820 Lulusan, 3 Diantaranya Doktor


WARTAJOGJA.ID:  Universitas Islam Indonesia (UII) mewisuda 820 lulusan pada periode VI tahun akademik 2022/2023.

Acara wisuda dilangsungkan selama dua hari, Sabtu (29/7) dan Minggu (30/7) di Auditorium Abdul Kahar Mudzakir, Kampus Terpadu UlI.

Lulusan kali ini berasal dari berbagai jenjang antara lain 17 ahli madia, 705 sarjana, 95 magister, dan 3 doktor. Rektor UII Prof Fathul Wahid mengatakan, kampusnya telah menghasilkan lebih dari 120.000 lulusan. 

"Kepada wisudawan kami harap terus belajar dari beragam sumber dengan berbagai cara, sebab di masa depan, kecakapan yang kita punya bisa jadi tidak relevan lagi, namun juga jangan mengganggap masa depan itu mengerikan, teruslah menjadi pembelajar sejati,” kata Fathul saat membacakan sambutan.

Mengambil cuplikan pesan dari buku berjudul Think Again karya Adam Grant, Fathul meminta wisudawan agar berani berpikir ulang dan melupakan pelajaran lama. Berpikir ulang dapat dilakukan dengan mengubah perspektif, mempertimbangkan informasi baru, dan mengambil sudut pandang yang berbeda. 

“Seringkali apa yang sudah kita pelajari di masa lampau juga perlu dilupakan. Perspektif lama sangat mungkin tidak relevan lagi,” tambahnya.

Fathul melanjutkan, berpikir ulang terus menerus adalah budaya saintis. Seorang saintis mempunyai pertanyaan, mempertimbangkan bukti, tidak terjebak pada asumsi, dan mengujinya secara seksama. Sosok saintis juga cenderung tidak mudah percaya terhadap suatu hal tanpa didasari argumen dan bukti. 

“Untuk menjaga adaptasi menghadapi masa depan, kita sudah seharusnya bersyukur jika mengetahui apa yang belum kita ketahui dan bukan malah malu. Hanya dengan demikian, kita akan terus berpikir ulang dan belajar. Tidak ada garis finis dalam kamus pembelajar sejati,” tandasnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment