News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pertemuan Sekjen Gerindra dan Demokrat Bakal Lahirkan Koalisi Baru?

Pertemuan Sekjen Gerindra dan Demokrat Bakal Lahirkan Koalisi Baru?



WARTAJOGJA.ID : Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menyebut pertemuan antara sekretaris jenderal Partai Demokrat dan Partai Gerindra di Jakarta pada Kamis (20/7) merupakan hal yang baik dalam dinamika politik jelang Pemilu 2024.

"Ya saya anggap setiap pertemuan antar partai politik itu bagus," kata AHY di sela hadir dalam Fisipol Leadership Forum di UGM Yogyakarta Kamis 20 Juli 2023.

AHY mengatakan semangat yang diusung dalam pertemuan itu tak lain menjalin komunikasi, silaturahim dan membahas banyak isu di Indonesia sekaligus mencari solusinya jika ada persoalan.

"Di mana pun partai politik itu berada dan kita musti saling menghormati posisi masing-masing," kata AHY.

Partai Gerindra sendiri menjelang Pemilu 2024 telah membentuk koalisi bersama Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB, Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN). 

Sedangkan Partai Demokrat memilih berkoalisi dengan Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera atau PKS.

"Hari ini kita tahu Partai Gerindra adalah partai yang besar, yang juga memiliki sikap dan posisi politik tersendiri," kata AHY. Sikap itu, kata AHY, juga berlaku di Partai Demokrat 

Meskipun Demokrat dan Gerindra saat ini berbeda koalisi, AHY menyatakan pihaknya selalu membuka diri berkomunikasi antar partai.

"Termasuk juga kader-kader Demokrat lainnya, kami persilakan untuk melakukan komunikasi dan silaturahmi ke segala arah," kata dia.

"Yang jelas Demokrat ingin menjadi contoh untuk masyarakat luas bahwa walaupun berbeda dalam pilihan dan posisi politik, kami selalu terbuka ruang untuk bisa berkomunikasi dan membangun kerja sama," kata AHY.

Saat ditanya apalah pertemuan antar sekjen Demokrat dan Gerindra itu membuka peluang koalisi baru dari dua kelompok? AHY menjawab diplomatis.

"(Soal koalisi baru) kami pikir hal-hal tersebut selalu menjadi bahan untuk diskusi, kami tidak ingin berandai-andai tetapi yang jelas politik itu memang serba mungkin," kata AHY.

Politik, menurut AHY, adalah seni yang bisa menyatakan semua itu bisa terjadi. 

"Tetapi saya yakinkan bahwa hari ini Partai Demokrat tetap serius untuk membangun koalisi perubahan," kata dia.

AHY menegaskan, dalam perjalanannya, Partai Demokrat dan koalisinya saat ini, tetap akan membuka diri.  

"Siapapun bisa bergabung dalam semangat perubahan seperti ini, begitu pula sebaliknya," kata dia.

"Kami ingin mendengarkan apa yang menjadi pandangan-pandangan dari partai-partai lain," kata AHY.

Pertemuan antar dua sekjen didampingi sejumlah petinggi Partai Gerindra dan Demokrat ini, kata AHY, sudah cukup lama direncanakan tetapi baru bisa sekarang terpenuhi. (Ard)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment