News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan SIBAKUL Di Dlingo Bantul Yogyakarta, UMKM Didorong Terus Berinovasi

Sarasehan SIBAKUL Di Dlingo Bantul Yogyakarta, UMKM Didorong Terus Berinovasi


WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL pada Jumat 23 Juni 2023 yang dipusatkan di Balai Kel. Temuwuh, Temuwuh, Kap. Dlingo, Kab. Bantul.

Sarasehan yang mengusung tema Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa itu menghadirkan narasumber  Suharwanta, ST (Wakil Ketua / Anggota DPRD DIY), Wisnu Hermawan (Kabid Pelayanan Kewirausahaan Dinas Koperasi UKM DIY), Suratna (Lurah Temuwuh )
dan Pendamping/Perwakilan Bisnis/UMKM Sukses.

Kapanewon Dlingo Kabupaten Bantul merupakan area perbukitan dengan tanah subur yang ditumbuhi berbagai macam pohon berjenis iklim tropis. 

Banyak penduduk di wilayah Dlingo yang bermata pencaharian sebagai petani dan pengrajin mebel berbahan dasar kayu. Sejumlah UKM di daerah Dlingo, Bantul yang menekuni mebel serta produk kusen-daun pintu/jendela. 

Pasca pandemi melanda, daya beli masyarakat untuk produk mebel cenderung turun. Hal tersebut dirasa sulit ditambah dengan ketersediaan bahan baku yang berkualitas dalam produksi, sehingga tidak banyak pengrajin yang masih bertahan saat ini

Wisnu Hermawan (Kabid Pelayanan Kewirausahaan Dinas Koperasi UKM DIY) menyampaikan SiBakul Jogja merupakan “alat” yang dibutuhkan pemerintah untuk berbagai kebutuhan sektor Koperasi dan UKM antara lain pendataan, pendampingan, hingga pengembangan Koperasi dan UKM di Provinsi DIY. 

Pemerintah DIY melalui “SiBakul Jojga” yang merupakan inovasi sebagai bagian dari transformasi Digital meliputi kegiatan Pendataan dan Klastering, Penumbuhan Koperasi dan UKM, Pelatihan, Pembinaan, Fasilitasi, Konsultasi dan Pendampingan. 

Kebutuhan UMKM ini tentunya tidak mungkin dilaksanakan oleh pemerintah sendiri, perlunya kolaborasi dengan sektor pemerintah atau swasta untuk memfasilitasi kebutuhan para pelaku UMKM tersebut.

"Sarasehan SiBakul ini bertujuan 
melakukan sosialisasi kebijakan pemulihan ekonomi daerah pada wilayah desa-kal budaya/desakal wisata/kawasan miskin/kawasan strategis lainnya dengan mengoptimalkan potensi UMKM local," kata dia. 

Dari sarasehan SiBakul ini untuk melakukan dialog dalam menggali potensi usaha dan semangat enterprenerspirit local serta melakukan dialog tentang tatakelola manajemen desa mandiri budaya.

"Sarasehan ini untuk melakukan gelar potensi budaya/seni local dengan bungkus sarasehan sibakul  dan memberdayaan potensi local dalam sarasehan sibakul untuk memahami geliat upaya pembangunan daerah yang memberdayakan dan saling menginspirasi," kata dia. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment