News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan SIBAKUL di Balai Kalurahan Madurejo Prambanan, Gali Lebih Dalam Potensi UMKM

Sarasehan SIBAKUL di Balai Kalurahan Madurejo Prambanan, Gali Lebih Dalam Potensi UMKM

 


WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL pada Selasa 13 Juni 2023 bertempat di Balai Kalurahan Madurejo, Jl. Raya Piyungan - Prambanan, Serut, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hadir sebagai narasumber Ir. Widi Sutikno (Anggota DPRD DIY), H Sumadi (Lurah Madurejo), Hartoyo wahyudi, S.Si. – (Pelaku UMKM Inspiratif), dan Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA. (Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY).

Kawasan Madurejo Prambanan memiliki potensi UMKM cukup menonjol. Hal ini tak lepas dengan keberadaan sejumlah obyek seperti Kebon Pring Ledok Tinjon di Kalurahan Madurejo, Prambanan, Sleman yang menjadi salah satu destinasi wisata minat khusus untuk fotografi. Rumpun bambu menjadi salah satu objek spot foto unik yang ditawarkan dan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Sarasehan ini digelar sebagai komitmen Dinas Koperasi UKM DIY dalam pemberdayaan UMKM pada wilayah perdesaan untuk mendukung pemulihan ekonomi daerah secara komprehensif dan skema pengelolaan desa mandiri budaya,” kata Srie Nurkyatsiwi.

Siwi, panggilan Srie Nurkyatsiwi, MMA menuturkan program SiBakul didesain untuk membantu UMKM naik kelas melalui transformasi digital.

“Dinas Koperasi dan UKM DIY bersama dengan Sibakul Jogja terus jemput bola mengajak pelaku UMKM mendaftarkan usahanya guna mendapatkan NIB (Nomor Induk Berusaha),” kata dia.

Kepemilikan NIB bagi UMKM terus digenjot dan digaungkan oleh pemerintah lantaran manfaat yang dapat diperoleh oleh pelaku UMKM itu sendiri. Dengan kepemilikan NIB, para pelaku UMKM akan dimudahkan dalam memperoleh kredit usaha rakyat (KUR), mendapatkan fasilitas pelatihan dan program dari pemerintah, kemudahan dalam urusan perizinan dan legalitas, serta peluang masuk ke dalam komunitas- komunitas dagang resmi yang potensial.

Tahun 2024, kata Siwi, ditargetkan ada 30 juta koperasi UMKM harus masuk ke ranah digital, menjadi bagian di Sibakul Jogja ini adalah salah satu langkah bagi UMKM masuk ke ranah digital. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment