News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Momen Putri Ariani Bawakan Lagu Legendaris Lir Ilir Saat Bertemu Sultan HB X

Momen Putri Ariani Bawakan Lagu Legendaris Lir Ilir Saat Bertemu Sultan HB X


WARTAJOGJA.ID :  Ariani Nisma Putri atau Putri Ariani, penyanyi difabel asal Yogyakarta yang tenar lewat ajang pencarian bakat America's Got Talent (AGT), secara khusus bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Komplek Kepatihan Yogyakarta Senin 26 Juni 2023.

Penyanyi tuna netra siswa Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta yang mendapatkan golden buzzer di ajang AGT 2023 itu diundang Sultan HB X untuk mendapat piagam penghargaan serta hadiah uang sebesar Rp 50 juta bantuan Gubernur DIY.

Dalam pertemuan dengan Sultan HB X itu, Putri juga membawakan tembang sarat makna berjudul Lir Ilir karya Sunan Kali Jaga yang mengalun syahdu di Kompeks Kepatihan, Yogyakarta. Secara khusus lagu itu dinyanyikan untuk Sultan.

"Kami bangga atas prestasi Putri," kata Sultan HB X.

Remaja kelahiran 31 Desember 2005 itu, menurut Sultan, tak boleh terputus pendidikannya meski memiliki prestasi moncer non akademik.

“Dia (putri) punya cita-cita untuk melanjutkan sekolah di Amerika, tapi sebelumnya memang harus menyanyi (AGT 2023) di Amerika kira-kira 2 atau 3 bulan,” ujar Sultan.

Mengenai persembahan tembang Lir Ilir untuknya, Sultan mengucapkan terima kasih. Sebelumnya Sri Sultan tidak tahu kalau Putri Ariani akan secara khusus mempersembahkan lagu tersebut untuknya.

“Tadi ini spontanitas dari dia, kami berterima kasih, ini jadi kenangan berharga, semoga Putri bertambah sukses,” tutur Sultan.

Tak hanya Lir-Ilir, Putri pada pertemuan tersebut juga menyanyikan lagu Loneliness yang merupakan ciptaannya sendiri. Lagu itu ia nyanyikan saat audisi America's Got Talent.

Putri mengatakan ia memilih lagu Lir Ilir karena memiliki banyak banyak pesan dan makna dari leluhur.

“Lir Ilir itu adalah pesan dari leluhur supaya kita terus menjaga kebaikan, akhlak, dan juga itu sebagai pelestarian tembang Jawa,” kata Putri yang didampingi kedua orangtuanya, Reni Alfianti dan Ismawan Kurnianto.

Putri mengaku bahagia atas undangan dari Sultan tersebut. Sebagai warga Yogya, ia mengaku sangat senang atas kesempatan silaturahmi yang diberikan, sekaligus pemberian apresiasi berupa piagam penghargaan dan uang tersebut.

“Senang, bangga karena sebagai orang Jogja, akhirnya bertemu Sultan, itu sebuah kebanggaan," kata dia.

Dalam pertemuan dengan Sultan, ia mengaku banyak membahas tentang pendidikan ke depan. Juga mendapatkan pesan agar tak meninggalkan sekolah. 

"Yang paling utama (pesan Sultan) jangan lupa sekolah, beliau juga mendoakan untuk kesuksesan di AGT 2023,” ucap Putri.

Akhir bulan Agustus 2023 nanti, Putri akan bertolak kembali ke Amerika untuk melanjutkan perjuangannya di ajang AGT 2023.

Ia sudah melakukan banyak persiapan seperti materi lagu dan lainnya.  “Persiapannya latihan materi lagu dan lain-lain. Sudah menyiapkan banyak lagu,” katanya.

Ayah  Putri, Ismawan Kurnianto mengatakan banyak pihak yang membantu langkah putri. Dari pihak SMM misalnya. Pihak sekolah tersebut sangat mendukung melalui pemberian keringanan terhadap proses belajar Putri yang bisa dilakukan secara daring.

“Untuk sekolah, Alhamdulillah dari pihak sekolah sangat membantu dan sangat mendukung," kata dia.

Ismawan mengatakan memang sebelum di AGT pun, Putri sudah sering keluar karena sering off air. 

"Dari sekolah sangat mendukung kemajuan Putri dengan di beri keringanan sekolah online. Materi tetap dikirim, jadi tidak ketinggalan pelajaran,” tuturnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment