News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

FKIP UAD Jalin Kerja Sama dengan SEAMEO-SEAMOLEC

FKIP UAD Jalin Kerja Sama dengan SEAMEO-SEAMOLEC


WARTAJOGJA.ID : Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tanda tangani nota kesepahaman dengan SEAMEO-SEAMOLEC pada Rabu, 14 Juni 2023. 

Dr. Muchlas, M.T. selaku Rektor UAD menyampaikan bahwa inisiasi kerja sama tersebut sudah melalui proses yang cukup panjang. 

Ia menyebutkan program-program sebelumnya yang sudah pernah dilaksanakan di UAD memberikan hasil yang bagus.

Hal ini disampaikan pada saat ia memberikan sambutan yang dilaksanakan di ruang pertemuan Kampus IV UAD. Acara tersebut dihadiri oleh Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) serta Ketua Program Studi di lingkungan FKIP UAD.

Muchlas menambahkan, “Sebelumnya sudah diadakan kerja sama dengan SEAMEO, salah satunya adalah program SEA TEACHER yang sudah berjalan dengan baik. Selain itu, beberapa implementasi kerja sama juga telah dilakukan dengan SEA-CECCEP dan SEA-QIM. Kegiatan kerja sama semacam ini menghasilkan berbagai macam produk unggul seperti halnya di bidang riset, program pelatihan terpadu, dan lain sebagainya.”

Ia menegaskan bahwa ke depannya jalinan kerja sama menghasilkan luaran yang lebih baik. 

Sejalan dengan itu, Muhammad Sayuti, Ph.D. selaku Dekan FKIP UAD menyampaikan, “Semoga mampu menciptakan iklim kerja yang produktif yang saat ini menghasilkan kepuasan dari tiap pihak.”

SEAMEO adalah singkatan dari South ASEAN Minister Education Organization. Organisasi yang dibentuk oleh seluruh Menteri Pendidikan yang ada di negara-negara ASEAN. 

SEAMEO berdiri pada tahun 1965 dengan tujuan untuk membangun kerja sama dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan pada wilayah tersebut.

Dwi Santoso, Ph.D. selaku Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) yang hadir pada acara tersebut mendapatkan pencerahan melalui pesan tersirat oleh Rektor UAD. 

Muchlas mengatakan, “Segala bentuk kerja sama semacam ini dilakukan melalui proses komunikasi sebelum-sebelumnya. Hal itu perlu ditingkatkan ke depannya,” ucap Rektor UAD.

Sementara itu, Dr. Wahyudi selaku Direktur SEAMEO SEAMOLEC dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada UAD atas kerja sama yang luar biasa. 

“Dengan adanya program SEA TEACHER, artinya memang secara langsung sudah bekerja sama dengan induk organisasi yaitu SEAMEO yang berpusat di Bangkok, Thailand. Mudah-mudahan selanjutnya dengan kesepakatan kedua belah pihak antara kami dengan FKIP UAD, dapat kita diskusikan nantinya.”

Kemudian, FKIP UAD yang diwakili oleh Dekan FKIP menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) bersama SEAMEO SEAMOLEC sebagai bentuk realisasi kerja sama dengan UAD. Dr. Ani Susanti, M.Pd.BI. selaku Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, Kehartabendaan, dan Administrasi Umum FKIP UAD menyampaikan, “SEAMOLEC memberikan pendampingan pengembangan bahan ajar dengan mode extended reality yang saat ini sedang berlangsung di laboratorium PPG FKIP UAD. Terdapat 10 dosen dan 8 laboran yang mengikuti pelatihan tersebut.”

Pendampingan pengembangan bahan ajar sudah berlangsung pada Selasa, 13 Juni 2023, dan dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut hingga 3 kali pertemuan sampai bulan November mendatang. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring dan luring.

Setelah dilaksanakan penandatanganan MoU, Rektor UAD bersama dengan Direktur SEAMEO SEAMOLEC berkunjung ke laboratorium PPG FKIP UAD dan melihat langsung proses pelatihan dosen dan kegiatan belajar mengajar mahasiswa PPG. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment