News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Event 7th Capital Market Week KSPM FBE UII Digelar 3 Hari, Ini Isu Yang Diangkat  

Event 7th Capital Market Week KSPM FBE UII Digelar 3 Hari, Ini Isu Yang Diangkat  


WARTAJOGJA.ID : Indonesia sebagai negara berkembang memiliki peran penting dalam perekonomian global. 

Berdasarkan survey Borderless Studies yang dilakukan oleh Standard Chartered pada tahun 2021 menunjukkan bahwa Indonesia menjadi negara peringkat ke 4 Asia Tenggara sebagai negara yang paling disukai dalam hal peluang membangun atau memperluas sumber daya, penjualan, atau operasi perusahaan. 

Menteri Keuangan Republik Indonesia ibu Sri Mulyani Indrawati juga memproyeksikan Indonesia akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi ke tujuh terbesar di dunia pada tahun 2030. 
 
Berdasarkan pernyataan Bank Dunia dalam laporan Global Economic Prospect (GEP) bahwa tekanan inflasi yang terus meningkat membuat ketidakstabilan pertumbuhan ekonomi di beberapa negara maju dan berkembang di dunia. 

Selain itu, International Monetary Fund (IMF) membuat peringatan dini terhadap potensi resesi global tahun 2023 dengan didukung dengan prediksi dari firma riset investasi Ned Davis Research bahwa terdapat 98,1% kemungkinan resesi pada tahun 2023. 

Sejumlah negara maju seperti Amerika Serikat, Eropa Tiongkok, dan Jepang di prediksi akan mengalami resesi. 

Hal tersebut dapat dilihat dengan kenaikan Consumer Price Index negara maju di wilayah Amerika dan Eropa. 

Pertumbuhan perekonomian Indonesia yang stabil setiap tahunnya tidak menghindari kemungkinan untuk mengalami resesi pada tahun 2023.  
 
Adanya isu resesi yang sudah di informasikan oleh IMF dan Bank Dunia maka KSPM FBE UII menyelenggarakan event The 7th Capital Market Week yang bertujuan untuk memberikan edukasi bagi calon-calon investor dan masyarakat umum dalam mencegah dampak dan menghadapi resesi tersebut.  
 
Event The 7th Capital Market Week akan dikemas dalam beberapa rangkaian kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. 

The 7th Capital Market Week berlangsung selama 3 hari dan terdiri dari 2 (dua) susunan acara utama, yaitu: Investment Paper Analysis dan Capital Fest.  
 
Pada hari pertama yang berlangsung pada hari Jumat tanggal 23  Juni 2023 di The Rich Jogja Hotel kegiatannya dimulai dengan opening ceremony, technical meeting, serta gala dinner dan hiburan yang diikuti oleh top 10 tim yang lolos.  
 
Lalu pada hari kedua, Sabtu tanggal 24 Juni 2023, berlangsung salah satu kegiatan utama dari CMW 7th yaitu Investment Paper Analysis, yang diawali dengan valuation class oleh panitia, lalu dilanjutkan sesi presentasi secara langsung di hadapan dewan juri oleh sepuluh tim terbaik yang lolos di babak final. 

Melalui kompetisi ini diharapkan dapat memberikan wawasan terkait perhitungan dan penyusunan analisa valuasi perusahaan dan menciptakan investor serta analisa pasar modal yang mumpuni dan dapat melihat peluang dalam keadaan apapun di masa yang akan datang. 

Setelah presentasi, kegiatan pada day-2 akan ditutup dengan kegiatan city tour ke beberapa tempat iconic Jogja.  
 
Pada puncaknya, rangkaian acara akan ditutup dengan Capital Fest. 

Dalam Capital Fest akan diselenggarakan Seminar & Talkshow dan Finalist Awarding. Seminar yang dilaksanakan ditujukan bagi bagi kalangan muda terutama yang tertarik dan ingin lebih lanjut mempelajari lebih dalam tentang investasi dan seluk beluknya.  
 
Narasumber yang terdiri dari 3 tokoh ini merupakan tokoh yang sudah berpengalaman di ranah investasi dan trader. Acara Capital Market Fair akan dibuka oleh MC, diikuti dengan sesi sambutan dan pengenalan moderator serta narasumber. 

Narasumber akan menyampaikan materi dengan topik “Update Perekonomian Dunia & Indonesia serta Financial Planning & Money Management for Millenials”. 

Acara offline ini akan dilaksanakan di Gedung Auditorium Fakultas Teknik Industri UII pada pukul 09.00-14.00 WIB dan diakhiri dengan sharing oleh narasumber dan peserta, serta penyerahan plakat oleh moderator sebelum di tutup oleh MC. 

Para Pembicara Capital Market Fair sepertu Yoga Arsana ( Professional Trader),. I Gusti N.K. Suadnyana, MBA. (Senior Investment Specialist),  Ryan Paradipta, SE. (Founder Sugih Maju Cemerlang dan Alumni Manajemen IP FBE UII 2009. (Cak/Rls)
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment