News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ajak UMKM Naik Kelas, Sarasehan SIBAKUL Digelar Di Trirenggo Bantul

Ajak UMKM Naik Kelas, Sarasehan SIBAKUL Digelar Di Trirenggo Bantul


WARTAJOGJA.ID : Sarasehan SIBAKUL kembali digelar di Joglo Sismadyo Klembon Trirenggo, Klembon RT 4, Kel. Trirenggo, Kap. Bantul, Kab. Bantul oleh Dinas Koperasi UKM DIY pada Minggu 11 Juni 2023.

Sarasehan yang mengusung tema Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa itu menghadirkan narasumber DR. Danang Wahyu Broto, SE., M.Si. selaku Anggota DPRD DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA selaku Kadiskop UKM DIY, Ernawati Kusumaningsih, M.Or. selaku Lurah Trirenggo dan praktisi UMKM Abdul Rochman.

Kelurahan Trirenggo merupakan salah satu wilayah yang berada di Kapanewon Bantul. Dengan letak wilayah yang sangat luas dan dekat dengan Ibukota Kabupaten Bantuln

Wilayah Trirenggo Bantul terkenal dengan beragam potensi UMKM. Seperti produksi jahe instan, tempe, rempeyek dan bakmi Jawa. Tak hanya itu ada pula UMKM yang bergerak di bidang kerajinan seperti pembuatan boneka atau patung berbahan gypsum juga home industri UMKM yang menyediakan berbagai produk berbahan dasar olahan herbal seperti daun kelor.

 Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA selaku Kadiskop UKM DIY meyakini dengan rajin mengikuti pelatihan dan pameran, UMKM diyakini bisa semakin berkembang dan naik kelas. 

"Dinas Koperasi dan UKM DIY dengan platform SiBakul untuk pemasaran online. Melakukan pendampingan dengan berbagai pelatihan bagaimana produk dikemas dengan menarik dan dipasarkan menarik saat pameran dan online di SiBakul," tutur Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Ir Srie Nurkyatsiwi MMA.

Ia mengatakan pelatihan untuk penguatan skill dan target yang jelas membuat potensi UMKM bisa dikembangkan lebih luas.

Sarasehan ini menjadi media untuk Melakukan sosialisasi kebijakan pemulihan ekonomi daerah pada wilayah desa-kal budaya/desakal wisata/kawasan miskin/kawasan strategis lainnya dengan mengoptimalkan potensi UMKM local.

Juga melakukan dialog dalam menggali potensi usaha dan semangat enterprenerspirit local serta tentang tatakelola manajemen desa mandiri budaya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment