News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ajak UMKM Manfaatkan Peluang, Dinas Koperasi UKM DIY Gelar Sarasehan SIBAKUL di Sanden Bantul

Ajak UMKM Manfaatkan Peluang, Dinas Koperasi UKM DIY Gelar Sarasehan SIBAKUL di Sanden Bantul

 


WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL pada Rabu 14 Juni 2023 bertempat di Aula Balai Kalurahan Gadingsari, Sorobayan, Kalurahan Gadingsari, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hadir sebagai narasumber H. Boedi Dewantoro, S.H, M.Si (Anggota DPRD DIY), H. Widodo, SP, M.Sc (Lurah Gadingsari), Aris Eko Nugroho, S.P., MSi, (Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY), Sartinah, S.Pd. (Pelaku UMKM Inspiratif).

Desa Gadingsari Sanden mempunyai potensi wisata yang cukup handal seperti Pantai Goa Cemara, Pantai Kwaru. Dengan pengelolan lebih professional, bersih, nyaman dan aman serta pelayanan yang ramah akan terus memberikan nilai plus bagi para pengunjung dan wisatawan yang datang. Sehingga akan memberikan dampak yang positif bagi perekonomian masyarakat setempat terutama pelaku UMKM.

Produk unggulan Desa Gadingsari diantaranya aneka makanan dari ubi ungu,aneka rempeyek. Sedangkan dibidang pertanian berbagai tanaman sayuran di lahan pasir pantai Patehan.

Aris Eko Nugroho, S.P., MSi, (Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY) mengungkapkan Dana Keistimewaan (Danais) DIY terus diupayakan memberikan manfaat bagi masyarakat. Salah satunya melalui pembangunan infrastruktur yang dapat dipakai untuk produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbagai wilayah di DIY.

Ia mengungkapkan, hingga memasuki awal 2023, kondisi ekonomi sudah mulai pulih. Aktifitas perekonomian kembali normal. Pertumbuhan ekonomi mulai pulih, dengan tingkat kemiskinan menjadi problematika yang kembali harus dientaskan,; merupakan ekses yang harus ditangani secara bijak dan berkelanjutan.

Artinya, memasuki pertengahan tahun 2022, skema pembangunan kawasan perdesaan yang berkelanjutan dengan pemberdayaan UMKM harus kembali digiatkan seiring dengan upaya pengentasan kemiskinan, penurunan ketimpangan, dan menekan angka pengangguran; melaluikegiatan ekonomi produktif.

Berpijak pada hal tersebut, menggandeng Dinas Koperasi UKM DIY tetap konsisten berupaya melakukan revitalisasi ekonomi yang tetap mendasarkan pada cara-cara yang meneguhkan pemenuhan adaptasi kebiasaan baru, seperti diantaranya kebijakan TRANSFORMASI DIGITAL melalui system SIBAKUL JOGJA.


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment