News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wisata Njeron Beteng Promosikan Kampung Wisata

Wisata Njeron Beteng Promosikan Kampung Wisata




WARTAJOGJA.ID : Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata (Forkom Pokdarwis), Kemantren Kraton, Yogyakarta menyelenggarakan event “Wisata Njeron Beteng” (Minggu, 30/04/23). Dalam kegiatan tersebut peserta diajak menikmati wisata untuk menikmati budaya, bangunan cagar  budaya, seni dan adat istiadat baik yang berada di lingkungan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan wilayah sekitarnya. Dalam mengunjungi obyek wisata peserta berjalan kaki dan mengendarai sepeda di wilayah dalam beteng kraton. Jumlah peserta dalam aktivitas perdana tersebut mencapai 38 orang yang mewakili lembaga/dinas, perbankan, perusahaan dan asosiasi.
Acara wisata ini dimulai dari Plaza Pasar Ngasem dengan sarapan jajanan pasar. dilanjutkan jalan kaki menuju Ndalem Mangkubumen untuk melakukan kegiatan mewiru kain jarik. Peserta menuju Kraton dan Tamansari. Di Kampung Cyber, Tamansari peserta diajak membatik dan menikmati menu angkringan.
Kemudian peserta kembali menuju Pasar Ngasem. Dilanjutkan  bersepeda menuju Ndalem Kaneman untuk kelas memasak makanan “Manuk Enom”. Dari tempat tersebut, peserta bersepeda menuju Sasana Jemparingan Siliran di wilayah Panembahan. Setelah mencoba memanah tradisional, peserta makan siang di Pendopo Dahar Gudeg Bu Lis. Sebelum finish di Plaza Pasar Ngasem, peserta mampir di event Festival Njeron Beteng dan Festival Kampung Wisata di Alun-Alun Selatan yang diselengarakan Dispar Kota Yogyakarta,
“Event ini diselenggarakan untuk memperkenalkan potensi wisata di wilayah sekitar kraton”, jelas GKR Bendara (Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah/BPPD DIY). Putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X menjelaskan bahwa “Wisata Njeron Beteng” selama ini identik dengan Kraton dan Tamansari, padahal di wilayah Kraton (Kelurahan Penembahan, Kadipaten, dan Patehan) mempunyai potensi yang layak untuk dipromosikan kepada wisatawan domestik dan asing. Berkaitan dengan hal tersebut maka GKR Bendara memprakarsai paket “Wisata Njeron Beteng” dengan melibatkan 3 Pokdarwis di wilayah Kraton dan GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesi) selaku pelaku industri pariwisata
“Kami Dinas Pariwisata DIY menyambut baik dan mendukung paket wisata ini, karena potensi wisata di sekitar Kraton memang layak dipromosikan”, jelas Singgih Raharjo (Kelas Dinas Pariwisata DIY). Selanjutnya Singgih berharap pengurus Pokdarwis bekerjasama dengan GIPI DIY selaku pelaku industri pariwisata untuk menyiapkan paket “Wisata Njeron Beteng” dengan memperhatikan aspek daya tarik, harga jual dan kebutuhan konsumen wisata. Prinsip 3A (Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas) harus menjadi dasar pengelolaan dari paket wisata tersebut.
“Kami selaku pelaku industri pariwisata (GIPI) juga menyambut baik ide dan Prakarsa GKR Bendara untuk mulai memperkenalkan paket Wisata Njeron Beteng”, sambut Bobby Ardyanto SA (Ketua GIPI DIY). Bobby menyatakan anggota GIPI DIY siap mendukung dengan mepromosikan dan sekaligus menjual  paket wisata tersebut kepada wisatawan domestik maupun asing. Selanjutnya ditegaskan bahwa pengurus Pokdarwis harus cermat dalam membuat paket wisata yang mempunyai daya tarik dan sekaligus daya jual. Berkaitan dengan hal tersebut anggota GIPI DIY siap bersinergi dan berkolaborasi untuk memasarkan paket “Wisata Nejeron Beteng”.
“Sungguh pengalaman yang luar biasa ikut berpartisipasi di event Wisata Njeron Beteng”, jelas Banu salah satu peserta yang mewakili Bank Indonesia DIY. Menurut Banu, pengalaman dalam mewiru kain jarik, membatik dan jemparingan (panahan tradisional) merupakan pengalaman baru. Dalam keemoatan tersebut jugaberharap paket “Wisata Njeron Beteng” dikembangkan dengan beberapa pilihan paket, termasuk pilihan waktunya (pagi-siang dan sore-malam).
“Kami bersungguh-sungguh memperhatikan saran dan kritik dengan harapan event mendatang dapat dilaksanakan lebih baik,” jelas Y. Sri Susilo (Ketua Pokdarwis Panembahan Gumregah) selaku panitia pelaksana.  Selanjutnya Susilo, mengucapkan terima kasih kepada BI DIY, OJK DIY, Bank BPD DIY, BMPD DIY, The Alana Hotel Palagan, PT SWID Tbk., Hotel Innside by Melia, ISEI DIY, KAFEGAMA DIY, GIPI DIY, Dispar Kota Yogyakarta dan Dispar DIY yang telah mengirimkan peserta dalam event wisata ini.
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment