News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Target Pecah Telur, Bacaleg PKB Kota Jogja 60 Persen Milenial

Target Pecah Telur, Bacaleg PKB Kota Jogja 60 Persen Milenial


WARTAJOGJA.ID - DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Jogja mendaftarkan formasi bakal calon legislatif (bacaleg) ke Kantor KPUD Kota Jogja, Sabtu (13/5). Partai berlambang bola dunia dikelilingi bintang sembilan itu siap "memecahkan telur" politik yang selama ini gagal meraih kursi di DPRD Kota Jogja.

Rombongan pengurus dan kader PKB Kota Jogja tiba di Kantor KPUD Kota Jogja sekitar 14.30 WIB. Mereka datang dengan cara berpawai kendaraan. Setiba di kompleks Kantor KPUD Kota Jogja, mereka melakukan apel siaga sebelum memasuki ruang pendopo KPUD Kota Jogja.

Ketua KPUD Kota Jogja Sholihul Hadi menyatakan seluruh 40 kuota kursi di DPRD Kota Jogja telah terpenuhi bacaleg. Komposisinya, 15 bacaleg perempuan dan 25 bacaleg laki-laki. Hal yang menarik, 60 persen sendiri merupakan usia muda dari kalangan milenial.

"Milenial memang menjadi salah satu basis pemilih yang cukup besar. Karena itu caleg milenial kami ada sekitar 23 orang," ucap Sholihul.

Komposisi bacaleg lainnya, PKB juga menampung bacaleg dari non muslim. "Ada bacaleg dari nasrani, jadi PKB itu partai yang plural," lanjutnya.

Saat ditanya terkait keberadaan PKB Kota Jogja yang belum pernah "pecah telur" dalam arti belum pernah berhasil melahirkan wakilnya di DPRD Kota Jogja, Sholihul mengatakan untuk pemilu 2024 akan lebih siap menang. Ia mengakui pada pemilu 2019 sebetulnya ada kenaikan suara PKB hingga 300 persen namun memang gagal terkonversi dalam keterwakilan kursi di parlemen Kota Jogja.

"Jadi di pemilu 2019 kenaikan suara kita itu 300 persen dari perolehan suara yang sebelumnya. Dan saat kampanye tidak lebih dari tiga bulan. Nah, saat ini kita persiapan dengan rentan waktu yang cukup panjang. Khususnya anggota DPR RI H.Sukamto, dukungan dari DPW PKB DIY itu kita persiapkan sudah sejak lama," bebernya.

Menurutnya antusiasme pendaftar bacaleg saat ini cukup tinggi sehingga PKB sendiri memasang target politik meraih tiga kursi di DPRD Kota Jogja.

"Itulah yang menjadi landasan kami, kenapa kami optimis meraih 3 kursi dari dapil 1, 3 dan 5. Dua dapil lain 2 dan 4 juga potensial," tuturnya. 

Salah satu bacaleg dari dapil 3, Eko Djoko Widiyanto menyatakan kesiapannya keluar sebagai salah satu pemenang peraih suara terbanyak. Djoko sendiri berlatar belakang pengusaha, putra dari Anggota DPR RI dari dapil DIY, Sukamto. (CAK/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment