News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Di Piyaman Wonosari, Sarasehan Sibakul Tingkatkan Literasi UMKM

Di Piyaman Wonosari, Sarasehan Sibakul Tingkatkan Literasi UMKM



WARTAJOGJA.ID : Talkshow Sarasehan SIBAKUL Dinas Koperasi UKM DIY menyambangi Balai Dusun Budegan 1, Kelurahan Piyaman, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta pada Selasa 23 Mei 2023.

Kelurahan Piyaman, Kapanewon Wonosari menjadi satu desa di Gunungkidul yang terkenal dengan kuliner bakmi jawanya, yaitu desa Piyaman. Saking populernya, masyarakat sekitar pun menjuluki daerah ini sebagai kampung Bakmi Jawa. Karena sebagian besar penduduk di desa ini berjualan Bakmi Jawa yang merupakan UMKM andalan desa ini.

Sarasehan Sibakul yang mengusung tema Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa di Piyaman Wonosari ini menghadirkan narasumber Wisnu Hermawan selaku
Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kewirausahaan Dinas Koperasi UKM DIY, Kuntarti Puspandari, SPd selaku Anggota DPRD DIY, Tugino, SPd selaku Lurah Piyaman, dan Yanuar Widi Armoyo selaku Tokoh Pendamping/Pelaku UMKM
Inspiratif

Wisnu Hermawan selaku
Kabid Pelayanan Kewirausahaan Dinas Koperasi UKM DIY, mengatakan 
kebijakan pembangunan daerah yang diinisiasi melalui dana keistimewaan tahun 2022 ini diharapkan dapat diimplementasikan dan dipahami oleh masyarakat, khususnya pelaku usaha dalam menjalankan usahanya di tengah situasi yang mulai pulih. 

"Termasuk didalamnya bagaimana menginisiasi tatakelola desa mandiri budaya, yang juga melibatkan manajemen desa prener dalam menumbuhkan spirit enterprenership di wilayah perdesaan," kata Wisnu Hermawan.

Oleh sebab itu, gencarnya Sarasehan Sibakul keliling DIY ini untuk menggali spirit kreatifitas dan inovasi sebagai upaya yang terus ditumbuhkan agar muncul pelaku-pelaku usaha baru yang sukses dan kreatif menyiasati keadaan.

"Dari Sibakul ini pelaku UMKM didorong terus survive dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Selain penguasaan teknologi, pelaku UMKM didorong mengembangkan strategi marketing," urainya.

Wisnu Hermawan menyampaikan, selain Bimbingan Teknis (Bimtek), pelatihan maupun pembinaan bagi UMKM DIY yang terdata dalam SiBakul Jogja, pihaknya juga tengah menggencarkan inkubasi bisnis.

Pelaksanaan pelatihan inkubator bisnis itu merupakan wujud komitmen bersama untuk menyiapkan wirausaha atau pelaku usaha agar mampu bersaing, maju dan unggul serta mempunyai daya juang sangat tinggi dengan berkolaborasi dan beradaptasi. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment