News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tolak Koruptor Daftar Bacaleg, Ketua DPW Perindo DIY Yuni Mengundurkan Diri

Tolak Koruptor Daftar Bacaleg, Ketua DPW Perindo DIY Yuni Mengundurkan Diri




WARTAJOGJA.ID : Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Perindo Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Yuni Astuti menyatakan mundur dari jabatannya. 

Yuni mengungkapkan alasan mundur karena ada perbedaan prinsip.

"Saya menyatakan resmi mundur sebagai Ketua DPW Perindo DIY per 1 April 2023," kata Yuni kepada wartawan, Minggu (2/4/2023).

"Ada perbedaan prinsip antara saya dengan DPP," jelasnya.

Yuni mengungkapkan, salah satu prinsipnya adalah menolak mantan narapidana atau warga binaan kasus korupsi menjadi bakal calon anggota legislatif (bacaleg). Namun prinsip dia ternyata tidak sejalan dengan kebijakan internal partai.

"Saya pernah berstatement saya menolak mantan napi koruptor maju bacaleg, ada DPW lain juga (yang berprinsip sama). Tapi DPP menerima," jelasnya tanpa menyebut sosok yang dimaksud.

"Pengunduran diri bukan semata-mata persoalan pribadi, di DPW lain juga ada yang mengundurkan diri, sekitar 6-7 orang," sebutnya.

Yuni melanjutkan, sebelumnya ia telah berkomunikasi dengan DPP pada Oktober-November lalu terkait prinsipnya itu. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk mundur.

Surat pengunduran diri dikirimkan ke DPP Perindo pada 1 April kemarin. Yuni yang telah dua tahun menjabat Ketua DPW Perindo DIY menegaskan per 3 April sudah tidak aktif di partai politik.

"Per tanggal 1 April surat pengunduran diri sudah saya kirim ke DPP. Ada jawaban atau tidak ada jawaban dari DPP, saya undur diri. Per 3 April besok saya bukan anggota parpol mana pun," ujarnya.

Diakuinya, selama dua tahun memimpin Perindo DIY, ia bersama kader telah berjuang untuk meloloskan Perindo dalam proses verifikasi KPU untuk Pemilu 2024. Namun ia tetap berkeyakinan bulat untuk mundur.

Setelah pengunduran diri, Yuni belum memutuskan langkah apa yang akan diambil, apakah akan kembali terjun di dunia politik atau tidak.

"Mungkin saya rehat dulu, dua tahun kemarin waktu banyak dipakai untuk parpol. Sekarang saya fokus keluarga dulu," ujarnya.

Yuni pun mengucapkan permintaan maaf dan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dan mendukungnya selama ini.

"Saya minta maaf kepada seluruh kolega dan kerabat, keluarga, terima kasih support semua pihak yang sudah membantu terutama proses verifikasi faktual Pemilu hingga seluruh kabupaten/kota di DIY lolos verfak," imbuhnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment