News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Talkshow Sarasehan SiBakul Digelar Di Donoharjo Ngaglik Sleman

Talkshow Sarasehan SiBakul Digelar Di Donoharjo Ngaglik Sleman


WARTAJOGJA.ID:  Dinas Koperasi UKM DIY dalam upaya pemberdayaan UMKM wilayah perdesaan menggelar talkshow Sarasehan SIBAKUL pada 
Senin 17 April 2023 yang dipusatkan di Joglo Tanjung Donoharjo, Dusun Banteran, Kelurahab Donoharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Tema talkshow yang mengusung   Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa itu menghadirkan narasumber antara lain Aris Eko Nugroho (Paniradya Pati Paniradya Keistimewaan DIY), Hadi Rintoko, ST (Lurah Donoharjo), Sudaryanto (DPRD DIY), juga Rosidah yang merupakan ketua kelompok Donomukti selaku pendamping/UMKM Inspiratif.

Rosidah yang merupakan ketua kelompok Donomukti telah aktif untuk melakukan pembinaan dalam hal membatik.

"Berawal dari bimbingan teknis yang diadakan kurang lebih selama satu minggu mengenai membatik, kemudian semakin berkembang dan sudah melakukan produksi sendiri," kata dia.

Kelompok ini sudah berdiri selama dua tahun. Promosi dari batik kelompok Donomukti ini dilakukan secara “gethok tular” juga dilakukan secara online melalui beberapa platform. 

Ia mengatakan bahwa untuk saat ini ia mengharapkan dukungan dari pemerintah dalam hal peningkatan kapasitas SDM, khususnya untuk pengembangan teknik pewarnaan serta akan sangat membantu apabila ada bantuan sarana berupa alat membatik, karena sampai saat ini jumlahnya masih terbatas terutama untuk nglorot.

Tidak hanya kelompok usaha di bidang batik saja, di wilayah Donoharjo juga terdapat Kelompok Wanita Tani yang aktif bercocok tanam. 

"Dengan bergotong-royong bersama-sama, KWT ini telah memiliki berbagai komoditas yang ditanam. Kedepannya, KWT ini menginginkan untuk meningkatkan produksi hasil tani yang organik, sehingga memiliki harga jual yang meningkat," kata dia.

Sementara Hadi Rintoko, ST (Lurah Donoharjo) mengatakan bahwa wilayah Donoharjo ini memiliki letak yang cukup strategis dengan wilayah yang sebagian masih merupakan wilayah pertanian. 

"Sehingga banyak warga Donoharjo yang merupakan pelaku usaha. Terdapat trend dimana bidang pertanian digarap oleh orang-orang tua, namun di Donoharjo, pihak kelurahan turut mendorong para pemuda untuk terjun ke bidang pertanian dengan memanfaatkan teknologi dan ilmu pengetahuan yang ter-update," kata dia.

Sehingga regenerasi petani di Donoharjo sudah mulai berjalan. Para pemuda tersebut tergabung ke dalam petani milenial. 

Sedangkan Aris Eko Nugroho (Paniradya Pati) mengatakan bahwa pemerintah melalui Dinas Koperasi dan UKM telah memberikan fasilitas bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnisnya agar semakin berkembang. 

Salah satunya melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Inkubasi Bisnis (IBIS), serta melalui SiBakul. Sehingga harapannya para pelaku UMKM bisa aktif untuk mencari informasi mengenai program pemerintah ini.

Selaku legislator DIY, Sudaryanto nengatakan akan bertindak, ketika para warganya memiliki keinginan. 

Termasuk dalam bidang UMKM ini, pemerintah tentunya akan memberikan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan warganya apabila warganya membutuhkan dan ada wujud nyata dari warga, sehingga tidak hanya berupa keinginan saja. (Cak/Rls)                                                                                                                                     

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment