News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Libur Lebaran, Komisi B DPRD DIY: Saatnya Pengelola Destinasi Wisata Perkuat Citra DIY sebagai Kota Wisata

Libur Lebaran, Komisi B DPRD DIY: Saatnya Pengelola Destinasi Wisata Perkuat Citra DIY sebagai Kota Wisata


WARTAJOGJA.ID: Minggu ini arus mudik mulai terasa, termasuk masuk ke wilayah DIY. 

Mudik Lebaran 2023 membawa peluang bagi pengelola destinasi wisata, termasuk desa wisata yang tersebar di seluruh DIY. 

Ada potensi pasar wisatawan sekitar 6 juta orang yang akan mudik menuju DIY, dan tentu mayoritas juga akan berwisata selama libur lebaran di DIY. 

Seperti pada tahun-tahun sebelum pandemic covid-19, momentum libur lebaran pemudik maupun warga local, untuk meningkat berbagai destinasi wisata di DIY.  

"Peluang ini harus ditangkap oleh para pengelola destinasi sebagai momentum titik balik pemulihan pasca pandemic covid-19," kata Andriana Wulandari selaku Ketua Komisi B DPRD DIY.

Andriana mendorong perlu ada kesiapan bagi para pengelola menyambut potensi pasar tersebut dengan menyiapkan produk wisata yang berkualitas, aman, ramah anak, ramah lansia, ramah difabel, dan menyuguhkan berbagai kekhasan destinasi sehingga para wisatawan mendapat pengalaman yang mengesankan. 

"Hal ini akan meneguhkan bahwa DIY benar-benar sebagai kota wisata," kata Andriana.

Hal penting yang perlu dilakukan Pemda DIY, diantaranya adalah menginformasikan secara massif destinasi wisata, tempat kuliner, pusat belanja produk khas.

"Karena acara ritual silaturahmi para pemudik dengan keluarga yang dikunjungi tidaklah lama, dan biasanya akan diikuti dengan acara wisata bersama," kata Andriana.

Oleh karena itu, informasi melalui berbagai media sosial, dan media lainnya menjadi penting bagi para pemudik.

Hal lain yang perlu juga dibuka adalah Pemda berani mencantumkan canal aduan wisatawan. Tatkala mereka mendapatkan hal-hal yang tidak baik, yang berdampak pada citra daerah, sehingga dapat segera ada respon dan tidak perlu ada viral yang negatif. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment