News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Libur Lebaran, Basarnas Yogya Operasikan Posko Khusus Awasi Kawasan Pantai

Libur Lebaran, Basarnas Yogya Operasikan Posko Khusus Awasi Kawasan Pantai


WARTAJOGJA.ID : Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  membentuk posko gabungan khusus guna pengawasan mobilitas wisata di kawasan pantai pesisir selatan Yogyakarta selama libur lebaran ini.

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta, Kamal Riswandi mengatakan posko gabungan pantai itu mulai beroperasi 15 April hingga 1 Mei di sejumlah titik.

"Posko gabungan pertama dioperasikan di kawasan Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul," kata Kamal di Yogyakarta Kamis 13 April 2023.

Selain di Pantai Parangtritis, Basarnas DIY juga membuka Pos Siaga Jetsky di Pantai Indrayanti Kabupaten Gunungkidul. Posko di Pantai Indrayanti itu mulai beroperasi 23 sampai 25 April, di mana saat itu diprediksi menjadi puncak para wisatawan berwisata di pantai pantai Gunungkidul. 

Dalam mengoperasikan posko gabungan pantai ini selain Basarnas, terlibat pula Direktorat Polisi Perairan (Polair) Polda DIY dan Search and Rescue Satuan Perlindungan Masyarakat (SAR Satlinmas) wilayah 3 Parangtritis dan wilayah 2 Pantai Baron.

"Posko gabungan ini untuk mengintensifkan patroli dan pemantauan di lokasi pariwisata terutama wisata air," kata Kamal.

"Dan juga memastikan rambu tanda bahaya terpasang dan dipatuhi dengan baik," kata dia.

Kamal mengungkapkan siaga SAR Khusus Lebaran 2023 dilaksanakan selama 20 hari yang dimulai 13 April hingga 3 Mei 2023.

Prediksi puncak arus mudik akan terjadi tanggal 19-21 April 2023 sedangkan puncak arus balik gelombang pertama diperkirakan tanggal 24-25 April 2023 dan gelombang kedua pada 30 April- 1 Mei 2023.

"Kantor Basarnas Yogyakarta menerjukan seluruh personil berjumlah 72 personil untuk operasi pengamanan libur lebaran ini," kata Kamal. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment