News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Buaya Muara Yang Lepas Dan Berkeliaran Di Sungai Oya Gunungkidul Tertangkap

Buaya Muara Yang Lepas Dan Berkeliaran Di Sungai Oya Gunungkidul Tertangkap



WARTAJOGJA.ID : Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengkonfirmasi penangkapan buaya muara yang belakangan beredar di media sosial warga Yogyakarta.

Akhir pekan lalu, seekor buaya dengan panjang sekitar 1,5 meter terekam warga sempat muncul dan berjemur di pinggir Sungai Oya kawasan Hutan Wanagama, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Sungai Oya juga dikenal sebagai salah satu obyek wisata yang biasa dipakai aktivitas Susur Sungai Oya dan tak jauh dari beberapa destinasi seperti  Goa Pindul.

"Buaya muara itu hilang dari kandang karantina SFF (Stasiun Flora Fauna) Bunder Gunungkidul sejak 23  Maret sekitar pukul 20.00  WIB," kata Kepala BKSDA DIY Lukito Awang Nistyantara Senin 3 April 2023.

Stasiun Flora Fauna Bunder merupakan tempat transit satwa dan rehabilitasi satwa hasil serahan maupun sitaan.  

Lukito menuturkan buaya muara  sepanjangnya 1,38 meter itu baru  disadari petugas SFF Bunder hilang  pada keesokan harinya, Kamis,  24  Maret  2023 saat hendak diberi  makan. 

Penyebab buaya hilang diduga  karena curah hujan yang tinggi  sehingga air di kandang karantina  meluap dan membuat kandang terbuka lalu membuat buaya itu terlepas.
   
Petugas lalu berusaha mencari  satwa tersebut dengan cara  menyusuri lokasi sekitar komplek  SFF Bunder dengan memancing  menggunakan pakan. 

Penyisiran juga dilakukan dengan  menyusuri Sungai Oya yang tidak  jauh dari komplek SFF Bunder.  

Baru pada Jumat, 31 Maret 2023, warga setempat yang sedang  memancing di Sungai Oya melihat   buaya itu sedang berjemur.  

Petugas lantas berupaya menangkap  satwa tersebut dibantu masyarakat.  BKSDA Yogyakarta saat itu telah   berkoordinasi dengan Polsek   Playen Gunungkidul untuk   mengambil langkah-­langkah pengamanan.  

Penyisiran petugas gabungan dilakukan namun hingga  sore hari belum ditemukan.    
 
Baru pada Senin 3 April  2023  sekitar pukul 09.00 WIB, buaya itu terpantau kembali berjemur di pinggir Sungai   Oya. Petugas dibantu Polsek   Gunungkidul  berusaha menangkap   dengan memancing memakai  daging  ayam dan akhirnya berhasil   menangkap dan mengevakuasi   buaya itu.

"Dari kejadian ini kami akan menata  dan menyempurnakan kandang  karantina satwa," kata Lukito. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment