News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Yogya Trending Kejahatan Jalanan, Dinas Pariwisata Soroti Penurunan Kunjungan Wisata

Yogya Trending Kejahatan Jalanan, Dinas Pariwisata Soroti Penurunan Kunjungan Wisata



WARTAJOGJA.ID : Kata Jogja trending seharian di media sosial Senin 27 Maret 2023.

Video penganiayaan brutal sejumlah pria terhadap seorang pengendara sepeda motor yang sudah tergeletak di jalan di kawasan Bumijo, Jetis, tak jauh dari Malioboro yang terjadi 24 Maret lalu, jadi sorotan.

Para pengguna internet pun merespon beragam atas kasus penganiayaan itu termasuk ada pula yang berencana membatalkan liburannya ke Yogyakarta lebaran ini.

"Sejumlah pelaku pariwisata sampai menghubungi saya menyayangkan kejadian itu, semoga tidak terlalu berpengaruh signifikan pada kunjungan wisata ke depan," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo Senin 27 Maret 2023.

Singgih menuturkan, salah satu 'jualan' wisata Yogyakarta adalah rasa aman dan nyaman. Sehingga image Yogyakarta yang ngangenin atau bikin rindu bisa tercipta. Dari rasa kangen itu, wisatawan akan merasa terus ingin kembali berkunjung ke Yogyakarta ketika liburan tiba. 

"Rasa aman dan nyaman ini paling penting bagi wisatawan, ini dibangun dari waktu ke waktu, dengan kasus ini lama lama bisa tergerus juga kepercayaan wisatawan datang ke Yogya," katanya.

"Dari kasus ini kami belum menghitung seberapa besar potensi penurunan kunjungan wisata, tapi suasana dan citra di media sosial itu sudah terasa menurun," kata Singgih.

Singgih mengatakan yang diharapkan para pelaku wisata yang menghubunginya ada upaya preventif.

"Upaya preventif tidak kemudian menyerahkan sepenuhnya kepada aparat keamanan tapi semua lapisan masyarakat agar bisa menjadikan Yogya lebih aman dan nyaman dikunjungi," katanya.

Instrumen yang dimiliki Yogyakarta selain aparat salah satunya komunitas Jaga Warga yang dibentuk ditingkat kampung-kampung. Komunitas ini sudah ada di lima kabupaten/kota.

"Jaga Warga ini bisa digerakkan, apabila ada gerombolan mencurigakan dan mengarah  kejahatan jalanan, bisa ditindak atau langsung dilaporkan aparat terdekat," kata dia. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment