News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sekda Kota Yogya: Branding Kotabaru Sebagai Ikon Wisata Malam Diperkuat

Sekda Kota Yogya: Branding Kotabaru Sebagai Ikon Wisata Malam Diperkuat


WARTAJOGJA.ID: Pemerintah Kota Yogyakarta mempersiapkan Kawasan Cagar Budaya Kotabaru menjadi ikon wisata malam.

Sebuah tagline untuk mendukung branding kawasan yang menjadi salah satu pusat bangunan lawas berarsitektur Indische itu telah dibuat yakni 'Selamat Malam Kotabaru'.

"Branding Kotabaru sebagai ikon wisata malam tahun ini mulai kami gencarkan agar wisatawan lambat laun melihat jika wisata malam bukan hanya di Malioboro atau Tugu Jogja saja," kata Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya Kamis 2 Maret 2023.

Aman menuturkan Kotabaru secara fasilitas sarana publik, tak kalah dengan Malioboro maupun Tugu yang telah tertata dengan jalur-jalur pedestriannya. Berlokasi di pusat Kota Yogya, kawasan Kotabaru memiliki potensi khas yang dapat dijual dalam bentuk paket paket wisata ke pelancong domestik maupun mancanegara terutama Eropa yang ingin bernostalgia.

"Terawatnya bangunan bergaya arsitektur indische di Kotabaru menghadirkan suasana layaknya kota Eropa di masa lampau," kata Aman.

Adapun dari pendukung kuliner, Kotabaru dikenal sebagai salah satu gudangnya coffee shop kenamaan di Kota Yogyakarta. Yang menyuguhkan menu nusantara hingga Eropa dan sukses memikat banyak anak muda betah nongkrong di kawasan itu.

Tak hanya coffee shop, Kotabaru memiliki satu sisi kuliner jalanan yang eksotik di pinggiran bantaran Kali Code, di mana pengunjung juga bisa melihat hingar bingarnya kota di kala malam.

"Kotabaru memiliki obyek turunan cukup memadai mulai dari museum juga perpustakaan," kata Aman.

Yang perlu digenjot dengan potensi Kotabaru sebagai ikon wisata malam itu, kata Aman, tak lain kontinuitas event.

"Untuk event-event ini yang sedang kami tata bersama forum masyarakat, kami perlu inventarisir semua kegiatan yang bakal berlangsung di kawasan Kotabaru selama 2023," kata dia.

"Kotabaru akan memiliki calendar of event tersendiri, agar keberlanjutan event di sini terjaga," ujar Aman.

Pemerintah Kota Yogyakarta pun telah menunjuk Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta memanajemen dan mengkurasi event yang akan masuk dalam agenda khusus di Kotabaru itu.

"Pada 17 Maret 2023 ini kami akan soft launching event yang bisa dinikmati wisatawan di Kotabaru Yogya," kata dia. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment