News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pastikan Mutu dan Kualitas Layanan JKN, Dirut BPJS Kesehatan Kunjungi RSU Sakina Idaman

Pastikan Mutu dan Kualitas Layanan JKN, Dirut BPJS Kesehatan Kunjungi RSU Sakina Idaman




WARTAJOGJA.ID: BPJS Kesehatan terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui transformasi dan digitalisasi layanan. 

Untuk memastikan hal tersebut berjalan optimal, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti meninjau langsung pelayanan JKN di RSU Sakina Idaman, Sabtu (18/03), terutama implementasi antrean online yang terintegrasi dengan Aplikasi Mobile JKN.  

"Kami ingin melihat langsung apakah sistem ini berjalan dengan baik di lapangan dan memberi manfaat bagi peserta JKN. Segala kemudahan kami berikan untuk peserta JKN, dengan harapan agar mereka merasakan kenyamanan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan," katanya.  

Dia menjelaskan, beragam layanan digital telah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan stakeholder dalam ekosistem JKN. Dalam kunjungan tersebut, dia memastikan pelayanan JKN yang mudah, praktis dan tidak diskriminasi, mulai dari proses pendaftaran, perekaman sidik jari hingga display ketersediaan tempat tidur.  

“BPJS Kesehatan membuat terobosan dengan menetapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai identitas resmi kepesertaan JKN. Kini, peserta JKN tidak perlu lagi repot membawa fotokopi berkas untuk berobat ke fasilitas kesehatan. Cukup menunjukkan NIK yang tercantum dalam KTP atau Kartu Digital pada Aplikasi Mobile JKN,” tutur Ghufron.  

Ia juga menambahkan, dengan berbagai inovasi layanan yang dikembangkan BPJS Kesehatan, harapannya selain memaksimalkan pemanfaatannya, fasilitas kesehatan juga turut proaktif menginformasikan berbagai kemudahan layanan tersebut kepada peserta JKN secara rutin. 

Pihaknya mengapresiasi implementasi sistem antrean online yang telah terintegrasi dengan Aplikasi Mobile JKN di RSU Sakina Idaman sudah berjalan semakin baik.  

“Tidak hanya kepuasan peserta saja yang kami pikirkan, tetapi juga kepuasan fasilitas kesehatan. Upaya yang telah kami lakukan untuk kepuasan rumah sakit dengan melakukan pembayaran klaim dipercepat atau jika perlu dapat mengajukan uang muka kepada kami, agar cash flow rumah sakit tetap terjaga,” tambah Ghufron.  

Ghufron berharap, peningkatan mutu dan kualitas layanan JKN dilakukan oleh semua pihak termasuk kolaborasi dengan seluruh stakeholder. 

Apalagi telah terbit Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2023 yang mengakomodir kesesuaian biaya layanan kesehatan dan perbaikan anomali struktur tarif lama. Aturan ini mendorong penguatan kualitas layanan di fasilitas kesehatan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).  

"Dengan itu semua, diharapkan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN juga semakin meningkat dan berkualitas. Mari bersama-sama menciptakan layanan JKN yang mudah, cepat dan tanpa diskriminasi. Sehingga, manfaat Program JKN ini semakin dirasakan masyarakat secara optimal," harapnya.  
 
Sementara itu, Direktur RSU Sakina Idaman, H. Nur Muhammad Artha menyatakan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan yang cepat. 

Menurut Artha, pihaknya secara konsisten melakukan perbaikan-perbaikan di berbagai layanan agar lebih berkualtas dan terjangkau serta pemenuhan fasilitas sesuai dengan kompetensinya.  

“Komitmen kami adalah memberikan layanan yang komprehensif, bermutu, dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang mengakses pelayanan di RSU Sakina Idaman, termasuk peserta JKN. Kami juga secara rutin proaktif memberikan informasi kepada peserta JKN tentang berbagai kemudahan layanan yang ada di Aplikasi Mobile JKN,” ujar Artha.  

Dia menilai, dengan adanya digitalisasi sangat membantu petugas di loket maupun memberikan kepastian waktu bagi peserta JKN. Pihaknya berharap ke depan semakin banyak inovasi-inovasi dari BPJS Kesehatan untuk mempermudah peserta mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan. Pihaknya siap bersinergi melakukan transformasi mutu layanan. 

"Kami yakin, dengan sinergi dan kolaborasi yang baik antara BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan, maka mutu dan kualitas layanan JKN dapat meningkat dan memberikan kenyamanan bagi peserta," ujarnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment