News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota UGM Gelar Festival Kota Gadjah Mada 11.0

Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota UGM Gelar Festival Kota Gadjah Mada 11.0


Salah satu acara dalam Festival Kota Gadjah Mada 11.0 yang digelar Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota UGM pada Minggu 5 Maret 2023

WARTAJOGJA.ID: Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) UGM menyelenggarakan Festival Kota Gadjah Mada (Festagama) yang ke-11 mulai tanggal 3 hingga 5 Maret 2023 di Kompleks Gedung Taman Budaya, Yogyakarta.

"Acara tahunan ini diselenggarakan dalam rangka memperkenalkan PWK kepada masyarakat umum. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan wadah bagi para perencana dan masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam perencanaan suatu kota," kata Ketua Panitia Festagama 11.0, Gumirlang Fachrun di sela acara Minggu (5/3).

Melalui tagline Luka Cita menuju Kota Impian, Festagama 11.0 tahun ini mengangkat tema "Kota Setelah Pandemi". 

"Festagama kali ini memiliki beberapa rangkaian acara yang terdiri dari Sayembara Warga, Rembug Warga, Loka Warga, dan Gebyar Warga. Acara ini tidak dipungut biaya apapun dan tentunya dibuka untuk masyarakat umum," tegas Gumirlang.

Adapun rangkaian acara dalam kegiatan Festagama 11.0 antara lain
Sayembara Warga yang merupakan ajang perlombaan Esai, Karya Tulis Ilmiah, Rancang Kota, dan Poster yang diikuti oleh pelajar dan mahasiswa.

Ada pula Rembug Warga yang merupakan rangkaian acara dalam bentuk Seminar Nasional yang akan diisi oleh beberapa pembicara dan moderator yang ahli di bidang Smart City. 

Diantaranya Rafly Muzady, S.T, M,T., dari Kedeputian Transformasi Hijau dan Digital Tim Otorita IKN, Purwanti S.H., M.M. selaku Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Sleman, Hari Kusdaryanto, M.MDev., selaku CIO Citiasia Inc. yang merupakan firma konsultan yang bergerak di bidang Smart City, serta Prof. Ir. Achmad Djunaedi, M.URP., Ph.D., selaku Guru Besar Teknik Arsitektur dan Perencanaan dengan research interest Smart Cities and Regions dengan moderator oleh Dr. Ir. Tri Mulyani Sunarharum, S.T. selaku Dosen Universitas Gadjah Mada sekaligus Tim Ahli Tim Transisi Otorita Ibu Kota Nusantara.

Selain itu, dalam rangkaian Rembug Warga juga terdapat 2 (dua) Diskusi Panel yang dilaksanakan sebelum Seminar Nasional. Diskusi Panel sesi 1 dengan tema Tantangan Dinamika Kependudukan dalam Mempersiapkan Kota Pasca Pandemi, yang diisi oleh Prof. Ir. Bakti Setiawan selaku Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Gadjah Mada, Fuad Jamil selaku Community Engagement Specialist Kota Kita Foundation dan moderator oleh Syarifa Alma Fadila Nursurati dari Alumni PWK UGM 2018.

Diskusi Panel sesi 2 dengan tema TransJogja telah Memenuhi Kebutuhan atau Hanya Sebatas Formalitas, yang diisi oleh Dyah Puspitasari selaku Direktur PT Anindya Mitra Internasional,
Elanto Wijoyono selaku Direktur Combine RI dan Pegiat Warga Budaya dan Moderator oleh Ibu Isti Hidayati ST, M.Sc., Ph.D selaku Dosen
Transportasi Perencanaan Wilayah dan Kota.

Selain itu ada pula kegiatan LokaWarga yang merupakan sebuah pameran seni, kriya, grafis dan hasil karya dari berbagai seniman lokal dan mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota UGM yang berlokasi di Ruang Pameran, Taman Budaya Yogyakarta. 

Pameran ini juga merupakan sarana edukasi dan branding PWK melalui eksibisi, serta beberapa pameran karya tentang perjalanan kota yang terdampak pandemi. Pameran ini sudah dihadiri oleh lebih dari 1000 pengunjung dari berbagai kalangan usia di hari kedua pembukaannya.

Berikutnya ada Gebyar Warga merupakan rangkaian acara Festagama 11.0 yang terakhir sekaligus sebagai bentuk penutupan acara, berupa pagelaran musik sebagai hiburan yang akan dimeriahkan oleh beberapa penampilan dari kelompok musik lokal Universitas Gadjah Mada, seperti The Kandang, Pheki Crew, Band Teknik Mesin UGM, dan persembahan dari prodi Perencanaan Wilayah dan Kota UGM. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment