News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mahasiswa Asing Dari 11 Negara Antusias Ikuti Kuliah Umum di Pabrik Sido Muncul

Mahasiswa Asing Dari 11 Negara Antusias Ikuti Kuliah Umum di Pabrik Sido Muncul


WARTAJOGJA.ID – 18 mahasiswa asing dari 11 negara bergabung bersama puluhan mahasiswa Magister Manajemen FEB UI Jakarta mengunjungi Pabrik PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk di Klepu Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Kamis (16/3/2023).

Mereka adalah mahasiswa yang tergabung dalam jaringan Global Network for Advance Management (GNAM).

Tak sekadar berkunjung menyaksikan secara langsung proses produksi beberapa produk Sido Muncul, mereka pun mengikuti kuliah umum yang disampaikan oleh Direktur PT Sido Muncul, Irwan Hidayat.

Suka cita pun terlihat jelas kala bos Sido Muncul ini menyambut kehadiran puluhan mahasiswa tersebut di Pendopo Agrowisata Sido Muncul, yang berada di kompleks pabrik.

Irwan Hidayat pun membagikan berbagai cerita kepada mereka, utamanya terkait pengelolaan bisnis jamu bersama keluarga hingga kini berkembang menjadi perusahaan yang go public.

Pihaknya berharap, dari apa yang dipaparkan tersebut dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi mereka.

“Kehadiran mereka tentunya menjadi angin segar buat kami.”

“Harapannya, apa yang mereka dapatkan dari kunjungan di pabrik kami ini, melihat produk-produk yang telah kami hasilkan, bisa diceritakan di negara mereka masing-masing

Sehingga brand Sido Muncul makin dikenal di luar negeri,” kata Irwan.

Kunjungan para mahasiswa tersebut merupakan bagian dari kurikulum dimana mereka dituntut untuk dapat memahami berbagai isu terkini utamanya di dunia manajemen sesuai kebutuhan global.

Sebagai contoh kaitannya dengan startup, sustainability, social enterprise, transformational leadership, hingga executive educations,” beber Vice Director of MM MBA Program FEB UI Jakarta, Arviansyah.

Menurutnya, hal tersebut menjadi hal penting karena dibutuhkan sosok pemimpin baru dengan konteks internasional yang dapat menjadi jembatan antara negara dengan komunitas pasar dalam suatu persaingan ekonomi global.

“Arti kata lain, di sinilah salah satu peran Universitas Indonesia untuk senantiasa dapat mencetak lulusan yang berdaya saing di pasar global, yang memiliki kemampuan leadership, managing complexities, serta keterampilan bernegosiasi secara handal,” bebernya.

Terkhusus kunjungan mereka di pabrik Sido Muncul ini, lanjutnya, diharapkan para mahasiswa dapat belajar serta mengkaji bagaimana sebuah transformasi ekonomi dan sosial dapat berlangsung.

“Ini jadi kesempatan emas bagi para mahasiswa untuk dapat menggali bagaimana proses transformasi itu secara nyata ada dan sedang berlangsung saat ini.”

“Termasuk seperti apa hambatan-hambatan yang dihadapi hingga upaya yang sedang serta telah dilakukan, termasuk dalam dunia industri jamu,” ungkap Arviansyah.

Sementara itu, perwakilan mahasiswa dari UNSW Business School Australia, Keelan Michelsons takjub kala dirinya dapat melihat secara langsung proses produksi jamu di Pabrik Sido Muncul.

Terlebih kala Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat memaparkan secara gamblang bagaimana dia bersama keluarga membesarkan serta mengembangkan usaha hingga menjadi besar seperti saat ini.

"Banyak inspirasi yang saya peroleh di sini, Saya suka dan tertarik dengan teknologi yang super modern, apalagi kelestarian lingkungan di pabrik pun sangat dijaga.”
“Tak salah jika Sido Muncul merupakan brand yang kuat dan terkenal baik itu di Indonesia maupun di negara saya,” ungkap Keelan. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment