News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

DPRD Kaltim Kunjungi DPRD DIY, Pelajari Implementasi Perda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

DPRD Kaltim Kunjungi DPRD DIY, Pelajari Implementasi Perda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan



WARTAJOGJA.ID : Sejumlah anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berkunjung ke ke DPRD DIY. 

Mereka diterima oleh Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto beserta jajaran eksekutif maupun Sekretariat Dewan. 

Kunjungan kali ini dimaksudkan untuk mempelahari Peraturan Daerah (Perda) tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

“Kami ingin meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) karena akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN),” ujar Romadoni Putra Pratama selaku Ketua Pansus Raperda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan DPRD Kalimantan Timur, Jumat (10/3/2023).

Kepada wartawan saat konferensi pers usai pertemuan dia menyampaikan legislatif sengaja bertandang ke DIY karena menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang sudah memiliki Perda Pancasila. 

“Kami akan mengadopsi 70 persen dari Perda DIY untuk diterapkan di Kalimantan Timur,” tambahnya.

Menurut dia, pilihan terhadap perda tersebut dinilai penting mengingat perkembangan zaman begitu pesat, semua orang menggunakan perangkat digital. 

Ini yang kadang-kadang menjadikan mereka lupa bahkan tidak lagi memikirkan equality dan dasar negara Pancasila.

“Apalagi Kaltim akan menjadi ibukota negara, jadi perlu kita siapkan SDM," tambahnya.

Menurut dia, Perda Pancasila sangat dibutuhkan untuk diterapkan di Kaltim karena tak lama lagi kondisi sosial kemasyarakatan seperti halnya yang terjadi di Jakarta. "Kami ingin siapkan SDM Kaltim terlebih dahulu, salah satunya dengan menggelorakan Pancasila lewat Perda ini. IKN saat ini sedang dibangun, akan banyak pendatang ke Kaltim, ASN juga. Kami ingin warga tidak ketinggalan. Apa yang sudah dilakukan di DIY, akan kami jalankan juga di Kaltim," kata dia.

Sedangkan Eko Suwanto menyampaikan DPRD DIY sangat terbuka dengan daerah yang sama-sama ingin belajar dan menggelorakan Pancasila dalam kehidupan masyarakat. Semakin banyak daerah mengimplementasikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan maka keutuhan NKRI akan terus terwujud.

"Hari inu kami kedatangan tamu dari DPRD Kalimantan Timur yang ingin belajar tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan,” kata dia.

DIY, menurut Eko, terus menggelorakan semangat Pancasila melalui berbagai aspek dengan sasaran pelajar maupun Aparatur Sipil Negara (ASN). Ada banyak dinas dan instansi yang mengampu kegiatan tersebut. Terbaru, Dinas Kebudayaan DIY juga sudah mulai menggelorakan Pancasila melalui sektor budaya.

“Kami sedang mengusulkan Museum Bung Karno. Kita sangat senang karena semakin banyak yang ingin bersama-sama menggelorakan dan mempraktikkan Pancasila," kata Eko Suwanto, anggota Fraksi PDI Perjuangan itu. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment