News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dengan UHC, Kualitas Kesehatan Masyarakat Kabupaten Sleman Meningkat

Dengan UHC, Kualitas Kesehatan Masyarakat Kabupaten Sleman Meningkat


WARTAJOGJA.ID – Pemerintah Kabupaten Sleman berhasil mempertahankan capaian cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) di Tahun 2023 ini. 

Per Maret 2023 ini, sebesar 97,37 persen penduduk Kabupaten Sleman terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Capaian ini diupayakan terus ditingkatkan sehingga di tahun 2024 nanti, seluruh penduduk Kabupaten Sleman memiliki jaminan kesehatan melalui Program JKN. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sleman, M. Idar Aries Munandar mengatakan, capaian UHC ini merupakan bukti komitmen pemerintah daerah untuk memberikan kepastian jaminan kesehatan bagi warganya. Kolaborasi dan sinergi seluruh stakeholder menjadi kunci atas keberhasilan ini, baik dari jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), fasilitas kesehatan hingga peserta JKN itu sendiri. 

“Kami sampaikan apresiasi atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Sleman yang mempertahankan UHC di awal tahun ini. Tinggal sedikit lagi, sekitar 2,63 persen atau 28.850 jiwa lagi, masyarakat Kabupaten Sleman yang masih belum terlindungi Program JKN. Ini menjadi tantangan ke depan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman,” katanya, Sabtu (11/03). 

Dia menjelaskan, pertumbuhan jumlah kepesertaan JKN terutama dalam rangka pencapaian UHC ini, harus diiringi dengan peningkatan kualitas dan mutu layanan. Saat ini, BPJS Kesehatan Cabang Sleman telah bekerja sama dengan 142 FKTP, 26 rumah sakit (termasuk di dalamnya dua klinik utama), tujuh apotek Program Rujuk Balik (PRB) serta dua optik yang tersebar di Kabupaten Sleman. 

“Kami berupaya terus memberikan kemudahan akses bagi peserta JKN agar mendapatkan layanan yang nyaman, cepat dan tanpa diskriminasi. Tentunya, butuh dukungan dari seluruh fasilitas kesehatan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. Sarana dan prasarana fasilitas kesehatan dioptimalkan agar peserta JKN kian mudah mengakses layanan kesehatan,” jelas Nandar. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment