News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kotabaru Diperkenalkan Sebagai Destinasi Wisata Sport Tourism

Kotabaru Diperkenalkan Sebagai Destinasi Wisata Sport Tourism




WARTAJOGJA.ID : Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pariwisata (Dinpar) Kota Yogyakarta kembali menggelar Tour de Kotabaru. Kali ini event tersebut bertajuk Kotabaru Fair 2023.

Kegiatan wisata ini digelar untuk mempromosikan wilayah Kotabaru sebagai Destinasi Wisata bertema Sport Tourism.

Sekretaris Dinpar Kota Yogyakarta, Muhammad Zandaru mengatakan acara ini terdiri dari beberapa kegiatan seperti lomba mewarnai untuk anak-anak, pentas seni dari 13 sekolah, dan pertunjukkan seni dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kotabaru.

Tak sampai disitu acara yang digelar di sepanjang Jalan I Dewa Nyoman Oka ini berdiri berbagai stand UMKM termasuk beberapa kampung wisata di Kota Yogyakarta yang menawarkan kekhasannya masing-masing. 

"Acara utamanya yakni night fun run yang diikuti oleh 300 peserta yang berasal dari berbagai daerah seperti dari Klaten, Magelang, Wonosobo, Kendal, dan Jakarta," jelasnya di lokasi, Sabtu (11/02/2023).

Dalam night fun run tersebut para peserta berlari menempuh jarak tujuh kilometer mengitari Kota Yogyakarta dengan lokasi start dan finish di Kotabaru. 

Pihaknya mengaku Dinpar Kota Yogya telah memetakan potensi wisata yang ada  di Kotabaru menjadi lima bagian yakni wisata kuliner, belanja, estetik, sejarah, dan budaya.

Menurutnya keragaman potensi Kotabaru tersebut tak lepas dari warisan sejarah yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya.
"Kotabaru pada zaman dahulu merupakan kawasan premium Belanda, dimana kawasan ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, mulai dari sekolah, tempat olahraga, rumah sakit, tempat peribadatan, hingga stasiun Lempuyangan," ujarnya.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogykarta, Kadri Renggono menyambut baik acara tersebut.

Menurutnya kawasan Kotabaru yang berada di jantung Kota Yogyakarta tidak bisa dipisahkan dari sejarah panjang di masa lampau.
"Hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk dikenalkan secara luas. Belum lagi dengan segudang potensi diantaranya sejarah, budaya, serta kuliner yang ada di kawasan tersebut," bebernya.

Kadri berharap dengan adanya acara tersebut dapat menjadi motor penggerak pemberdayaan masyarakat dalam sektor pariwisata, khususnya di kawasan Kotabaru. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment