News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bawaslu DIY Luncurkan Gerakan Jarimu Awasi Pemilu

Bawaslu DIY Luncurkan Gerakan Jarimu Awasi Pemilu


WARTAJOGJA.ID - Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) DI Yogyakarta meluncurkan program 'Jarimu Awasi Pemilu', dalam momentum satu tahun menjelang Pemilu 2024, di Kota Yogyakarta , Selasa (14/2/2203).

Ketua Bawaslu DIY, Sutrisnowati, mengungkapkan, lewat gerakan tersebut pihaknya coba menggandeng komunitas digital dan netizen di Yogyakarta , untuk ikut serta mengawasi setiap tahapan Pemilu 2024.

"Terlebih, satu tahun menjelang Pemilu ini, sudah banyak berseliweran ujaran kebencian, hingga hoaks, di ruang-ruang digital kita," urai Sutrisnowati.

Oleh sebab itu, ia pun berusaha menyadarkan para pegiat yang aktif di dunia media sosial, agar polemik ini menjadi keprihatinan bersama, karena berpotensi mengganggu pelaksanaan pesta demokrasi.
"Makanya, kami menggandeng komunitas digital, ya, supaya hoaks terkait kepemiluan dapat tertangani, bahkan kalau bisa dihilangkan itu," tegasnya.

"Ini menjadi penting, sebagai penanda satu tahun menjelang Pemilu 2024, untuk menunjukkan kesiapan kita mengawal Pemilu 2024," imbuh Sutrisnowati.

Menurutnya, kolaborasi dengan berbagai stakeholder sangat diperlukan oleh Bawaslu dalam melangsungkan pengawasan yang konsisten, serta berkelanjutan, untuk menepis beragam potensi kerawanan.

Karena itu, momentum tersebut dimanfaatkan oleh jajarannya untuk mempererat sinergitas dengan pihak eksternal, mulai dari kepolisian, ormas keagamaan, organisasi mahasiswa dan aktivis perempuan.

"Bagaimanapun, upaya mitigasi harus didahulukan. Sehingga, hal-hal yang teridentifikasi kerawanan bisa  bersama diminimalisir sejak dini," terangnya.

Lebih lanjut, dalam kesempatan itu, Bawaslu DIY sekaligus meluncurkan posko kawal hak pilih, untuk memastikan tiap warga Yogya yang sudah memenuhi syarat, tak tercecer dari daftar pemilih. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment