News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ribuan Peserta Hadiri Musra XVI di Sleman Yogyakarta

Ribuan Peserta Hadiri Musra XVI di Sleman Yogyakarta


WARTAJOGJA.ID : Belasan relawan pendukung Joko Widodo atau Jokowi menggelar forum Musyawarah Rakyat (Musra) XVI di Sleman, Yogyakarta Ahad 29 Januari 2023. 

Dalam perhelatan yang diikuti 3.000 orang lebih itu, sejumlah nama kandidat calon presiden dan wakil presiden pemilu 2024 di-voting secara elektronik (e-voting) sebelum diserahkan kepada Jokowi pada Maret 2023 nanti di Jakarta.

Tak hanya pendukung Ganjar Pranowo yang datang. Dalam forum yang diinisiasi kelompok relawan seperti Projo, Sekber, Jaman, Gerakan Kebangsaan, Seknas, dan lainnya itu tampak hadir relawan pendukung sejumlah tokoh lain. 

Seperti pendukung Moeldoko, Prabowo Subianto, Erick Thohir, Sandiaga Uno, Airlangga Hartarto, Mahfud MD, Sultan HB X, hingga Arsjad Rasjid. 

Membawa atribut poster jagoan masing-masing capres-cawapresnya, para relawan itu membaur dalam satu forum.

"Lewat forum ini kami coba menggodog dan mencari dari akar rumput, figur pemimpin yang kiranya dianggap layak meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi," kata Ketua Panitia Musra XVI DIY Toni Triyanto di sela forum.

Toni mengungkapkan forum Musra ini diposisikan sebagai wadah, untuk meneruskan suara masyarakat di bawah, tentang sosok figur ideal pengganti Jokowi yang oleh mereka dinilai sudah berhasil menegakkan perjuangan demokrasi bagi Indonesia selama dua periode.

"Makanya kami di sini non partisan, tak ada yang membawa atribut partai," kata dia.

Sebab, ujar Toni, Musra ini lebih menyerupai rapat akbar antar masyarakat di akar rumput. Yang digelar secara safari keliling Indonesia, untuk menyerap aspirasi di bawah secara langsung. Dan memotret lebih jelas, siapa kiranya tokoh yang diharapkan memimpin pasca berakhirnya kepemimpinan Jokowi Oktober 2024 mendatang.

"Dengan proses di bawah ini, kami berharap Presiden Jokowi juga bisa turut mempersiapkan kepempinan nasional ke depan yang sekiranya mampu melanjutkan agenda-agenda kerakyatan yang sudah dijalankan," kata dia.

Nama-nama kandidat capres-cawapres yang di-voting dalam safari Musra berbagai daerah itu, akan diserahkan kepada Jokowi pada pertengahan Maret mendatang di Jakarta. Yang bertepatan dengan  puncak perhelatan forum itu.

"Saat penyerahan nama kandidat itu, akan diumumkan tiga nama capres-cawapres yang menduduki posisi tertinggi selama berlangsungnya Musra" kata dia.

Adapun Sekretaris Panitia Nasional Musyawarah Rakyat Taki Reinhard Parapat mengatakan hasil voting dalam forum Musra yang diserahkan kepada Presiden Jokowi, sifatnya hanya sebagai pertimbangan.

"Jadi hasil voting di berbagai daerah termasuk dari Yogyakarta ini, pekan depan akan dikompilasi menjadi satu data utuh untuk diserahkan kepada Presiden Jokowi," kata dia.

Seorang akademisi asal Yogyakarta Wahyu Indro Widodo, yang turut menyambangi forum itu mengatakan forum di Yogyakarta itu bisa menjadi model baik untuk pemilu 2024 nanti yang damai tanpa harus meributkan perbedaan pilihan.

"Bisa dilihat tadi dari ribuan orang yang datang dan meriakkan dukungan pada calon masing-masing tapi bisa tetap tertib, akur, tanpa harus gontok-gontokan yang tak perlu," kata pria yang mengajar di sebuah universitas swasta Yogyakarta itu. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment